Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video RBT, Pamer Video Favorit ke Penerima Telepon

Kompas.com - 10/12/2008, 10:17 WIB

Mulanya, nada panggil yang monoton mewarnai ponsel-ponsel jaman dulu. Pertengahan tahun 90-an, nada panggil ponsel mulai memiliki rangkaian nada indah yang mirip lagu tertentu. Awal tahun 2000-an, nada dering ponsel mulai mendekati lagu asli dengan polifonik berbasis MIDI.

Selanjutnya, di ponsel-ponsel anyar, lagu ring tone bisa berbunyi dengan suara asli penyanyinya, yang dikenal dengan nama true tone. True tone generasi pertama berformat WAV dengan ukuran file lumayan besar, durasi singkat dengan kualitas suara rendah.

Ponsel generasi berikutnya mulai mendukung true tone dengan file lebih kecil, durasi lebih panjang dan kualitas lebih baik. Umumnya formatnya adalah MP3, WMA, atau AAC.

Pengguna masih belum puas. Mereka ingin wajah sang penyanyi juga muncul di layar ponsel, yang diwujudkan Nokia dan Sony Ericsson dalam bentuk video ringtone.

Hampir bersamaan, hadir pula layanan unik dari operator: ringback tone, yang berkebalikan dengan ringtone. Pada ringtone, lagunya ditentukan oleh pemilik ponsel, dan pendengarnya adalah penerima telepon atau pemiliknya sendiri. Pada ringback tone, penentu lagunya pemilik nomor ponsel, dan pendengarnya adalah penelepon.

Setelah munculnya ringback tone ini, sebagian orang bertanya-tanya, kapan video ringback tone muncul? Sekaranglah waktunya!

Mesti ada Internet 3G
Adalah Vringo (http://www.vringo.com) yang menawarkan video ringback tone. Dengan Vringo yang bersifat freeware, Anda bebas menentukan ringtone video apa yang akan diputar di ponsel tujuan, saat Anda menelepon mereka (Vring forward). Sebaliknya, Andapun bisa melihat ringtone yang telah ditentukan oleh nomor tujuan, langsung dari ponsel Anda (Vring back). Hebatnya, semua ringtone tersebut tampil di ponsel dalam bentuk video.

Syarat menikmati layanan ini, Anda dan nomor-nomor tujuan harus sama-sama meng-install Vringo di ponselnya. Aplikasi Vringo mendukung hampir semua sistem operasi ponsel; Symbian, Java, Black Berry, hingga Windows Mobile. Merek-merek ponsel terkenal seperti Asus , BenQ , Eten , HP , HTC , iMate , LG , Motorola , MWG , Nokia , O2 , Palm , Samsung , dan Sony Ericsson juga didukung.

Satu lagi yang harus disiapkan, yakni akses Internet 3G unlimited. Lho buat apa? Ya, video ringback tone dari Vringo memang tidak mengenakan biaya apapun atas penggunaan software dan layanannya.

Namun Anda perlu Internet untuk sinkronisasi alias mengambil file video yang telah ditentukan penelpon maupun penerima lewat Internet. Juga untuk mengirim file video Anda ke Internet, untuk diambil oleh telepon tujuan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com