Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

LG Meluncurkan Toko Aplikasi, Fokus di Asia

Kompas.com - 13/07/2009, 11:58 WIB

SEOUL, KOMPAS.com - Perusahaan elektronik asal Korea, LG, yang kini merupakan perusahaan produsen ponsel terbesar ketiga di dunia akan meluncurkan toko online untuk berbagai aplikasi ponsel. Peluncuran akan dilakukan hari Selasa (14/7) dengan memfokuskan diri untuk melayani pasar Asia meski berencana akan berkembang ke seluruh dunia akhir tahun ini.

Langkah LG ini menguatkan tren bursa aplikasi online yang berkembang menyusul jejak toko aplikasi online iTunes oleh Apple yang sukses di pasaran. Mereka menciptakan toko di dunia maya di mana semua pengguna bisa mengunduh software dan konten langsung dari toko virtual tersebut.

Mengembangkan software adalah kunci bagi perusahaan pembuat ponsel dari Korea Selatan, Samsung dan LG manakala mereka telah berkembang dengan baik di kategori ponsel dengan harga yang terjangkau bagi pembeli. Lagipula, keduanya kini mengalami ketertinggalan di kategori ponsel pintar yang akhir-akhir ini berkembang dengan pesat.

LG, menyatakan bahwa pada hari Senin ini "LG Application Store" sudah siap menyediakan 1400 aplikasi, termasuk 100 program gratis. Semua aplikasi tersebut tersedia dalam 15 bahasa yang berbeda.

Jasa pelayanan ini akan ditawarkan pertama kali di negara-negara Asia-Pasifik, seperti Singapura, Malaysia, dan Australia dan akan menjangkau Eropa dan Amerika Selatan akhir tahun ini. Aplikasi yang ditawarkan pun bertambah hingga lebih dari 2000 aplikasi yang tersedia di akhir tahun.

LG tidak memiliki rencana untuk meluncurkan jasa pelayanan ini di Amerika Serikat karena negara tersebut merupakan markas besar dari iPhone dan Blackberry.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com