Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bikin Prosesor iPhone, Apple Tunjuk New York dan Samsung

Kompas.com - 12/11/2013, 10:57 WIB
Deliusno

Penulis

Sumber Mac Rumors
KOMPAS.com - Apple dikabarkan akan menunjuk GlobalFoundries, perusahaan manufaktur yang berbasis di California, untuk memproduksi prosesor seri Ax. Chip tersebut nantinya akan digunakan untuk mempersenjatai iPhone dan iPad.

Produksi chip oleh GlobalFoundries sendiri akan dilaksanakan di salah satu area pabrik yang dinamakan Fab 8. Yang menarik, lokasi pabrik tersebut bukan di China, melainkan di salah satu wilayah Amerika Serikat, yaitu Malta, New York.

Menurut situs lokal The Times Union, untuk awalnya, tim dari GlobalFoundries akan mendapat arahan langsung dari Samsung untuk proses produksi chip seri A.

"Sebuah tim kecil dari Samsung akan mengunjungi Fab 8 dengan "resep" pembuatan chip Apple. Samsung akan membantu Global Foundries mengatur proses produksi di Fab 8 yang dibutuhkan untuk membuat chip," tulis The Times Union, seperti dikutip dari MacRumors, Selasa (12/11/2013).

Samsung merupakan perusahaan yang sudah lama ditunjuk oleh Apple untuk produksi chip tersebut. Perusahaan yang berpusat di Korea Selatan ini pun memiliki pabrik di Austin, Texas, yang bertugas untuk produksi chip seri A.

Dengan dua kelebihan tersebut, tidak aneh apabila Samsung dipilih untuk membagikan "rahasia" produksi chip kepada GlobalFoundries.

Selain Samsung, di awal tahun ini, Apple dikabarkan telah bekerja sama dengan perusahaan asal Taiwan, Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TSM), juga untuk produksi chip ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com