Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Bocoran Spesifikasi Galaxy Note Pro

Kompas.com - 02/01/2014, 15:43 WIB
Deliusno

Penulis

Sumber SamMobile
KOMPAS.com — Samsung akan terus menggempur pasar tablet pada 2014 ini. Perusahaan asal Korea Selatan tersebut dikabarkan akan merilis berbagai produk tablet baru, dengan sebuah produk bernama Galaxy Note Pro sebagai andalannya.

Galaxy Note Pro sendiri sebenarnya adalah tablet berukuran jumbo dari Samsung yang ramai dibicarakan beberapa waktu belakangan ini. Menurut informasi dari situs SamMobile, Kamis (2/1/2014), produk ini memiliki bentang layar 12,2 inci, sebuah ukuran layar yang kabarnya terus diuji oleh tim pengembang Samsung sepanjang tahun 2013 lalu.

Galaxy Note Pro 12,2 inci ini dikatakan akan menjadi salah satu tablet high-end Samsung pada 2014. Produk ini akan diluncurkan dalam dua varian, yaitu WiFi only (SM-P900) dan LTE (SM-P905).

Versi LTE dari tablet tersebut dikabarkan akan mendukung resolusi layar yang sangat tinggi, yaitu 2.560 x 1.600 piksel dengan aspek rasio 16:10.

Dari segi "jeroan", ia akan dipersenjatai dengan hardware berkinerja tinggi. Secara detail, Galaxy Note Pro 12,2 versi LTE dilengkapi prosesor Snapdragon 800 2,3 GHz quad-core dari Qualcomm, GPU Adreno 330, RAM 3 GB, kamera belakang 8 megapiksel, dan kamera depan 2,1 megapiksel.

Perangkat tersebut akan berjalan di sistem operasi Android 4.4.2 KitKat, dengan tampilan antarmuka TouchWiz yang telah diperbarui untuk produk tablet.

Masih belum jelas, apakah versi WiFi dari Galaxy Note Pro akan dipersenjatai dengan prosesor Samsung Exynos atau menggunakan prosesor Snapdragon yang sama dengan versi LTE.

Dari segi konektivitas, Galaxy Note Pro 12,2 akan menggunakan WiFi 802.11ac (menggantikan WiFi a/b/g/n yang selama ini dipakai), NFC, Bluetooth 4.0, dan IR (infra red).

Rumor tentang rencana Samsung memproduksi tablet berukuran 12 inci sudah mulai beredar sejak awal 2013. Selain Samsung, produsen lain yang juga dikabarkan sedang mempertimbangkan perangkat tablet layar lebar adalah Apple lewat produk yang disebut bernama "iPad Maxi."

Sejauh ini, tablet Samsung yang memiliki bentang layar terlebar adalah Galaxy Tab 3 10.1 (10 inci) dan ATIV Smart PC Pro (11,6 inci).

Beberapa produsen lain sudah lebih dahulu memperkenalkan tablet berukuran besar, seperti Toshiba dengan produk tablet Excite 13 (13 inci) yang diumumkan pada Juni lalu, dan Panasonic yang berencana merilis tablet 20 inci dengan resolusi 4K menjelang akhir tahun ini.

Galaxy Note Pro 12.2 sendiri, bersama dengan tablet Samsung lainnya, dikabarkan akan diperkenalkan pada ajang Mobile World Congress pada 24-27 Februari 2014 di Barcelona, Spanyol.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com