Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ulang Tahun, Facebook Bagikan Video Unik Tiap Pengguna

Kompas.com - 05/02/2014, 10:34 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber The Verge
Judul yang mengawali video Look Back di Facebook

KOMPAS.com — Facebook merayakan ulang tahun ke-10 pada 4 Februari 2014. Sebagai bentuk perayaaan, situs jejaring sosial itu merilis video unik berjudul "Look Back" untuk masing-masing pengguna.

Sesuai namanya, video berdurasi 1 menit tersebut berisi kilas balik sejarah pengguna bersangkutan di Facebook, yang disampaikan melalui kompilasi sekitar 16 status, foto, dan event yang paling banyak mendapat "like" serta di-like oleh pengguna lain. Semuanya diatur mengikuti ritme musik di latar belakang.

Karena mengangkat kisah seseorang secara spesifik, "Look Back" pun bersifat unik untuk tiap pengguna, alias berbeda antara satu dan yang lainnya. Ini berarti ada lebih dari 1,23 miliar video Look Back yang beredar di Facebook.

Agar miliaran video dengan resolusi HD itu bisa dinikmati dengan lancar oleh pengguna, Facebook membuat sebuah tim khusus untuk memastikan ketersediaan sumber daya server yang mencukupi.  

Sebelumnya, Facebook telah merilis kompilasi "Year in Review", tetapi baru kali ini kompilasi kilas balik itu disajikan dalam bentuk video.

"Salah satu yang memotivasi kami adalah hanya sedikit perusahaan yang bisa melakukan hal ini —yaitu me-render video ke sejumlah besar pengguna," ujar kepala proyek Look Back Nick Kwiatek, sebagaimana dikutip oleh The Verge.

Facebook pun menghabiskan waktu beberapa minggu mengoptimalkan rangkaian server yang dimiliki untuk menangani tugas yang tidak biasa itu. Tim Look Back berhasil memangkas waktu rendering yang diperlukan tiap video dari 17 menit menjadi hanya 1 menit.

Penasaran? Simak videonya melalui tautan berikut ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com