Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Akhir Permainan di Gamification?

Kompas.com - 25/05/2014, 12:14 WIB
KOMPAS.com - Pada tanggal 23-24 Mei 2014 dilaksanakan Serious Games Conference 2014, yang juga merupakan bagian acara dari Korea Good Game Show 2014. Bertempat di Korea International Exhibition Center (KINTEX), acara yang diselenggarakan oleh Serious Games Asia ini merupakan konferensi yang bertujuan untuk memperkuat ekosistem yang sudah ada untuk membangun kolaborasi yang lebih kuat antara pelaku industri game, kalangan akademik, dan praktisi.

Mengangkat tema “Bridging Communities, Harnessing Technologies and Enriching Lives”, Serious Games Conference 2014 mengundang berbagai pembicara ahli dan pelaku industri serious game dari seluruh dunia. Salah satu plenary speaker dalam acara ini adalah Dr. Scott Nicholson, Associate Professor di Syracuse University dan Director dari Because Play Matters Game Lab.

Perangkap Gamification Menurut Dr. Scott Nicholson

Dr. Scott Nicholson yang juga terkenal melalui blog-nya, Board Games with Scott mengisi sesi pembukan Serious Games Conference 2014 dengan sebuah topik yang menarik: “The End Game of Gamification”.

Dr. Scott menggarisbawahi bahwa implementasi gamification saat ini masih belum lengkap. Implementasi gamification umumnya terperangkap untuk fokus pada short-term goal dengan berbagai reward dan elemen game yang biasa kita temui. Pertanyaannya, lalu apa yang terjadi ketika pemain sudah mendapatkan semua reward yang disediakan?

Contoh dan solusi diberikan oleh Dr. Scott berdasarkan MMORPG World of Warcraft (WoW). Ia beargumentasi, seperti halnya World of Warcraft, bahwa gamification juga harus menghadirkan sebuah kondisi “end game“, sebuah kondisi ketika pemain berhasil mendapatkan semua reward atau menyelesaikan semua tantangan, ia kemudian bertransformasi pada bentuk tantangan baru sehingga tetap bisa menikmati implementasi gamification yang dihadirkan.

Menutup sesinya, Dr. Scott juga menekankan pentingnya sebuah gamification untuk fokus pada long-term goal: membuat para pemain yang menjadi target termotivasi untuk kemudian terlibat dengan pemain lain yang juga memiliki ketertarikan yang sama. Jika hal ini bisa dilakukan, maka sebuah implementasi gamification akan memberikan hasil yang lebih optimal.

Artikel ini merupakan bagian dari seri Serious Gaming yang sebelumnya telah dimuat di Segitiga.net. Segitiga.net merupakan salah satu rekanan sindikasi konten dari KompasTekno.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com