Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sekarang Jamannya Beli Gadget Online

Kompas.com - 10/10/2014, 10:05 WIB

KOMPAS.com - Pergeseran mulai terjadi, dari penjualan gadget yang ramai dilakukan lewat toko-toko, kini semakin ramai justru penjualan gadget langsung lewat internet.

Dari sisi konsumen, hal ini terkait dengan makin mudahnya akses. Bukan hanya akses ke produk-produk yang tersedia online, tapi juga ke layanan pendukungnya.

Hal ini sebenarnya sudah diamati oleh lembaga pengamat tren konsumen TrendWatching sejak 2011 lalu.

Dikatakan bahwa, dengan makin banyaknya konsumen yang senantiasa terhubung ke internet melalui perangkat mobile, mereka akan makin cepat mendengar akan adanya penjualan online. Bagi konsumen, keunggulan membeli secara online adalah mendapatkan perangkat bermutu baik dengan harga murah.

Konsumen pun, menurut TrendWatching, akan menjadi bagian dari sebuah jejaring atau kelompok eksklusif yang bisa mendapatkan keistimewaan. Mulai dari mendapat informasi lebih awal hingga harga spesial.

Salah satu metode penjualan yang telah menarik banyak minat konsumen adalah flash sales, yaitu penjualan produk tertentu, dalam batas waktu yang singkat, dengan jumlah terbatas.

Dengan batasan pada waktu dan ketersediaan itu, konsumen bisa terpancing untuk melakukan pembelian impulsif, pemilik produk pun bisa dengan cepat mengalirkan barangnya ke pasaran.

Dari sisi konsumen, mereka mendapatkan beberapa keunggulan. Termasuk, nilai eksklusivitas dari produk yang hanya tersedia secara terbatas. Selain dari faktor harga yang menggiurkan.

Di tingkat global, Xiaomi adalah perusahaan yang boleh dibilang sudah berhasil memanfaatkan tren ini. Penjualannya di berbagai negara, termasuk Indonesia, terbukti laris dengan metode ini.

Namun di tingkat nasional, merek lokal Himax juga telah berani melakukan hal yang sama. Jajaran produk premiumnya dihadirkan lewat metode ini dan juga menimbulkan 'fenomena' tersendiri.

"Sekarang jamannya orang beli gadget online. Komunitas online pun semakin tertarik dengan produk kami. Mereka mulai mencari-cari dan bertanya-tanya, kapan Himax akan menggelar penjualannya lagi?" kata Agus Hadsoe Marketing & Development Himax Indonesia.

Agus mengatakan, beberapa kali penjualan cepat yang digelar Himax selalu mendapatkan sambutan yang antusias dari masyarakat. Terakhir, mereka telah menggelar penjualan Phablet Himax Zoom dengan prosesor 6 core.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com