Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kacamata VR Rift Perlu PC Kuat, Ini Spesifikasi Minimalnya

Kompas.com - 17/05/2015, 08:09 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

Sumber TechCrunch
KOMPAS.com - Oculus berencana membuka pre-order untuk kacamata virtual reality (VR) buatan mereka pada akhir tahun ini, meski peluncuran produknya akan dilakukan pada kuartal pertama 2016. Agar para calon penggunanya dapat bersiap-siap, mereka juga mengungkap spesifikasi komputer yang cocok untuk mencoba gadget tersebut.

Seperti dikutip KompasTekno dari TechCrunch, Sabtu (16/5/2015), satu hal yang patut disayangkan, tuntutan spesifikasi perangkat keras untuk Oculus Rift ini ternyata tinggi.

Kacamata VR itu mensyaratkan penggunanya memiliki komputer dengan prosesor grafis Nvidia GTX 970/AMD 290 atau lebih tinggi. Prosesor pun mesti yang setara dengan Intel i5-4590 atau lebih canggih dari itu.

Syarat berikutnya, komputer pengguna mesti memiliki 8 GB RAM atau lebih besar, dua port USB 3.0 dan HDMI 1.3 video output yang mendukung clock 297 MHz melalui arsitektur direct output. Sistem operasi minimal untuk menjalankan Oculus Rift adalah Windows 7 SP1.

Chief Architect Oculus Atman Binstock mengatakan, alasan menerapkan spesifikasi yang tinggi itu adalah demi kelancaran kinerja grafis. Saat menggunakan Oculus Rift, pengguna sebenarnya menjalankan dua layar berketajaman 2160 x 1200 piksel pada kecepatan 90 Hz dalam waktu bersamaan.

Artinya tenaga pemrosesan grafis yang dibutuhkan setara dengan tiga kali lipat pemrosesan tampilan full HD 1080 piksel. Spesifikasi minimal yang disebutkan, diukur agar tidak ada frame yang hilang ketika pengguna menikmati tampilan VR.

"Spesifikasi yang kami rekomendasikan tidak akan berubah sepanjang hidup Oculus Rift. Nantinya, piranti keras yang setara dengan spesifikasi tersebut pun akan jadi lebih murah dan akan ada lebih banyak orang yang bisa menggunakan sistem Rift ini," tulis Binstock dalam blog resmi Oculus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com