Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Resmi, Apple Music Juga Sambangi Android dan Windows

Kompas.com - 09/06/2015, 09:09 WIB
Deliusno

Penulis

Sumber ENGADGET
KOMPAS.com - Setelah lama menjadi rumor, Apple akhirnya memperkenalkan layanan streaming musiknya, Apple Music, di ajang Worldwide Developer Conference (WWDC), Senin (8/6/2015). Uniknya, aplikasi tersebut nantinya bakal tersedia juga di platform pesaing terbesarnya, Android.

Apple Music dapat dikatakan sebagai layanan streaming musik yang lengkap bagi pengguna. Ia, seperti KompasTekno rangkum dari Engadget, Selasa (9/6/2015), dapat digunakan untuk mendengarkan musik secara streaming, radio, mendengarkan album yang dibeli via iTunes, mendengarkan playlist yang dikurasi para artis, dan masih banyak lagi.

Selain itu, Apple Music juga menawarkan radio live yang dipandu langsung oleh manusia, bukan sistem. Stasiun radio live pertama yang bakal berjalan dinamakan Beats 1. Siarannya sendiri akan berlangsung di New York City, London, dan Los Angeles.  

Pengguna juga akan menemukan playlist musik yang dikurasi langsung oleh penyanyi-penyanyi ternama atau produser musik kondang, seperti Dr Dre, will.i.am, Pharrell, dan Drake.

Nantinya, tidak seperti beberapa aplikasi streaming musik lain, pengguna dapat berpindah ke track musik lain sebanyak yang mereka suka dalam sebuah playlist.

Sekadar pembanding, memang ada beberapa aplikasi streaming musik yang tidak mengizinkan pengguna untuk berpindah track musik secara unlimited. Biasanya, pengguna bakal dibatasi dengan jumlah tertentu untuk memanfaatkan fitur berpindah track tersebut.

Sebagai contoh, apabila sudah menekan tombol "next" sebanyak enam kali, pengguna sudah tidak bisa memanfaatkan tombol itu lagi dalam beberapa waktu tertentu.

Apple juga tidak melupakan fitur sosial dalam layanan Music ini. Terdapat sebuah fitur bernama Connect yang mengizinkan artis untuk mengunggah musik, foto, dan berbagi pesan dengan para penggemarnya.

Apple Music sendiri memiliki sistem subscription. Artinya, pengguna harus membayar sejumlah uang tertentu untuk menikmati musik yang ada di layanan tersebut. Menariknya, pengguna nantinya bisa menikmati semua layanan dan lagu yang ada di aplikasi tersebut.

Layanan ini dibanderol dengan harga 10 dollar AS atau sekitar Rp 130.000 per bulannya. Pengguna juga bisa membeli paket 15 dollar AS atau sekitar Rp 200.000 untuk anggota keluarga hingga enam individu.

Apple Music sendiri bakal diluncurkan pada 30 Juni mendatang untuk perangkat iPhone, iPad, iPod Touch, Mac, dan produk berbasis Windows. Di masa peluncurannya itu, pengguna dapat menikmati masa free-trial selama 3 bulan.

Sementara itu, Android baru akan mendapatkan aplikasi ini beberapa bulan sesudahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com