Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berfoto di Lokasi Jatuhnya Hercules, Dua Wanita Ini Dikecam "Netizen"

Kompas.com - 02/07/2015, 09:01 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com — Jagat maya dihebohkan oleh foto seorang oknum berseragam polisi yang terlihat sedang memotret dua orang wanita dengan latar belakang bangkai pesawat Hercules C-130 yang jatuh di Jalan Jamin Ginting, Medan, Sumatera Utara, pada Selasa (30/6/2015) lalu.

Pantauan KompasTekno, foto tersebut mulai beredar melalui jejaring sosial Facebook, Twitter, dan Path pada Rabu (1/7/2015) malam.

Dalam foto tersebut, dua orang wanita yang tidak diketahui identitasnya itu sedang diambil gambarnya oleh seseorang yang mengenakan seragam polisi. Keduanya tampak sama-sama tersenyum menghadap kamera.

Banyak reaksi yang dilontarkan oleh netizen di Indonesia terkait acara foto-foto di lokasi bencana tersebut. Sebagian besar bernada mengecam.

Ist Aksi berfoto di depan reruntuhan pesawat C-130 Hercules yang jatuh di Medan pada Selasa (30/6/2015) mendapat kecaman di jagat maya.
"Astaga...... di manakah rasa empati itu?" tulis akun Hasudungan Rudy Yanto Sitohang di akun Facebook-nya. "Dimana etika dan empati ibu ibu yang berfoto di lokasi musibah ini?" tulis salah satu pengguna Facebook lain dalam komentarnya.

"Gimana ceritanya kok bisa2nya selfie ditengah berduka," tulis pemilik akun Dwi di linimasa Facebook.

Belum diketahui siapa dan kapan foto tersebut diambil. Apakah foto tersebut telah mengalami rekayasa digital atau tidak juga belum bisa dipastikan.

Namun, yang pasti, foto dua orang wanita yang sedang berfoto di lokasi jatuhnya pesawat Hercules C-130 itu sudah beredar dan mendapat banyak kecaman.

Aksi berfoto di lokasi bencana atau kecelakaan ini mengingatkan kita pada kejadian saat Gunung Merapi meletus pada April 2014 atau gempa bumi di Nepal pada April 2015 lalu.

Saat itu, banyak "wisatawan" yang datang ke lokasi bencana dan berfoto-foto lalu mengunggahnya ke media sosial. Foto-foto tersebut juga menyebar dan mendapat reaksi kecaman dari netizen.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com