Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Semua Layanan di Jaringan Tri Melonjak Saat Lebaran

Kompas.com - 19/07/2015, 14:18 WIB
Deliusno

Penulis

KOMPAS.com - Semua layanan yang ada di jaringan operator seluler 3 (Tri) mengalami peningkatan pada hari Lebaran Idul Fitri 1436 H. Layanan yang mengalami peningkatan terbesar adalah data, dengan peningkatan sebesar 126 persen ketimbang Lebaran 2014.

Sementara itu, jika dibandingkan dengan hari biasa, terjadi lonjakan data sebesar 22 persen.

Meskipun banyak pelanggan mulai menggunakan pesan OTT yang memberikan kontribusi terhadap peningkatan signifikan trafik data, trafik SMS dan suara masih meningkat masing-masing sebesar 12 persen dan 3 persen dibandingkan tahun lalu.  

Meski mengalami banyak peningkatan untuk urusan traffic, Tri mengklaim telah berhasil melayani pelanggan tanpa adanya kendala yang berarti.

Peningkatan trafik sendiri perlahan menurun tepat di hari Lebaran. Berdasarkan pola trafik tahun lalu,  peningkatan trafik akan kembali terjadi pada beberapa hari kemudian. Peningkatakan trafik terjadi di kota kota kunjungan mudik di Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Sumatera.
 
Menjelang Ramadhan dan Idul Fitri tahun ini, Tri telah mempersiapkan seluruh infrastruktur dan kapasitas jaringan agar pelanggan Tri dapat dengan nyaman berkomunikasi, khususnya di kota-kota yang menjadi tujuan mudik dan wisata.

Untuk layanan data, Tri telah meningkatkan kapasitas jaringan untuk mampu menampung lonjakan trafik data hingga 30 persen.

Sementara untuk layanan telepon dan SMS, jaringan Tri mampu menampung lonjakan hingga 300 persen.

Untuk hari biasa diluar Ramadhan, trafik data yang ditampung oleh jaringan Tri mencapai lebih dari 1.200 TB (Terabyte) per hari.

Tri juga telah melakukan peningkatan kualitas jaringan di sepanjang jalur pantura, jalur selatan, dan jalur penghubung lainnya. Sementara itu, untuk antisipasi lonjakan trafik pada saat puncak mudik, peningkatan kapasitas juga telah dilakukan di ruang dan fasilitas umum seperti terminal dan pelabuhan, bandara udara, dan stasiun kereta api. Peningkatan kapasitas jaringan juga didukung oleh penambahan 20 mobile BTS disepanjang jalur mudik di pulau Jawa.

Tri telah memperluas cakupan jaringan secara nasional, yang diperkuat oleh 37.676 unit BTS terdiri atas 17.069 BTS 3G  dan 20.607 BTS 2G (per Q1 2015) yang telah LTE ready. Sinyal Tri telah melayani 86 persen penduduk Indonesia, dinikmati oleh 54.8 juta pelanggannya (per Q1 2015) yang 52 persen di antaranya adalah pelanggan data bergerak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com