Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/11/2015, 20:34 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber Vice News
KOMPAS.com - Bandara Orly yang terletak di sebelah selatan Paris pada Sabtu (14/11/2015) lalu lumpuh. Gara-garanya, error di komputer bandara yang masih memakai sistem operasi jadul, Windows 3.1.

Windows 3.1 adalah sistem operasi yang mulai dipasarkan oleh Microsoft 23 tahun yang lalu, atau sejak 1992.

Dikutip KompasTekno dari Vice News, Senin (16/11/2015), Windows 3.1 tersebut dipakai di sistem komputer yang menjalankan software informasi cuaca, DECOR.

Karena bermasalah, informasi cuaca dari menara pengawas (ATC) tidak bisa didistribusikan ke pilot yang ada di dalam kokpit pesawat. Padahal pilot membutuhkan informasi tersebut pada saat takeoff/landing di bandara Orly.

Informasi yang disampaikan DECOR termasuk informasi vital, seperti runway visual range (RVR) atau jarak pandang pilot terhadap runway.

"Software yang dipakai oleh ATC Aéroports de Paris (ADP) berjalan di empat sistem operasi berbeda, umurnya bervariasi antara 10 hingga 20 tahunan," ujar Alexandre Fiacre, Sekjen serikat ATC Prancis.

Ditambahkan Fiacre, beberapa software yang dipakai ADP juga berjalan dengan software Linux tahun 80-an, yaitu UNIX, selain OS Microsoft Windows XP. Windows XP sendiri saat ini telah dihentikan dukungannya oleh pihak Microsoft.

Menurut Fiacre, masalah yang terjadi pada Sabtu lalu itu terjadi karena pekerja kadang malas melakukan pekerjaan pemeliharaan (maintenance). Selain itu, orang-orang yang menguasai (ahli) sistem operasi lama itu juga kian langka.

"Salah satu bakal pensiun tahun depan, dan kami belum punya penggantinya hingga kini," kata fiacre.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Vice News
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com