Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Trips, Aplikasi Pengatur Perjalanan Hadir di Indonesia

Kompas.com - 21/09/2016, 13:20 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Google menghadirkan aplikasi baru bertajuk Trips. Sesuai namanya, aplikasi tersebut berkaitan dengan liburan dan diperuntukan bagi Anda yang suka mengeksplor tempat-tempat baru.

Aplikasi itu kini sudah tersedia untuk diunduh di smartphone berbasis Android dan iOS di Indonesia.

Trips berperan sebagai manajer perjalanan pengguna, mulai dari urusan tiket pesawat, reservasi hotel, informasi destinasi wisata, hingga rekomendasi personal berdasarkan kebiasaan Anda berselancar maya di Google.

Seperti aplikasi Maps, Trips juga bisa dijajal tanpa koneksi internet alias offline, sebagaimana dilaporkan TheVerge dan dihimpun KompasTekno, Rabu (21/9/2016).

Hal ini bertujuan agar Anda bisa memanfaatkan Trips meski bepergian di tempat-tempat tak ramah internet. Jika pun Anda sengaja mematikan internet agar tak diganggu e-mail atau chatting kerjaan, Trips akan selalu setia.

Syarat memanfaatkan Trips offline cuma satu, yakni mengunduh terlebih dahulu semua informasi tentang destinasi di aplikasi Trips sebelum bepergian.

"Kami benar-benar harus membantu pengguna ketika mereka berada di tujuannya," kata VP Product Management Google, Richard Holden.

Cara menggunakan Trips

Untuk memanfaatkan Trips, Anda cukup mengunduhnya lewat Andorid Play Store atau Apple App Store. Selanjutnya, Anda diminta log-in menggunakan akun Google.

Sekali masuk, Google akan membeberkan perjalanan yang pernah Anda lakukan, tentu saja jika terekam pada aktivitas penggunaan aplikasi-aplikasi yang berafiliasi dengan Google, seperti Gmail, Search, Drive, atau Maps.

Selanjutnya, Anda bisa mengetik destinasi berikutnya di bar "where do you want to go?". Di situ Anda bisa mengakses beragam destinasi, rekomendasi tempat wisata di tiap tempat, informasi hotel, penerbangan, dan hal-hal lain yang ingin Anda ketahui.

Untuk reservasi hotel dan penerbangan, Trips akan memasukkan informasi yang tercantum pada Gmail Anda. Artinya, Anda harus memesannya secara online terlebih dahulu agar bisa masuk ke perencanaan di Trips.

Salah satu fitur paling menarik adalah Things-to-Do. Anda bisa membuat itinerary berdasarkan berapa lama Anda menetap di satu tempat. Semua rekomendasi bakal dijabarkan.

Misalnya Anda membuat "72 jam di Jakarta", maka Trips akan memberikan daftar tempat mana yang terjangkau, populer, dan pas selama Anda berdiam 72 jam di ibukota. Anda juga bisa memilih ingin menyasar tempat perbelanjaan, museum, atau aktivitas lainnya.

Selamat mencoba!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com