Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lima Galaxy Note 7 Versi "Aman" Terbakar di Amerika

Kompas.com - 10/10/2016, 10:01 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Unit pengganti Galaxy Note 7 yang diterima pengguna setelah recall agaknya tidak benar-benar aman. Ponsel tersebut dilaporkan kembali terbakar di Amerika Serikat.

Kejadian terakhir menimpa seorang pemilik bernama Danel Franks di Houston, Texas.

Galaxy Note 7 milik Franks terbakar ketika ia sedang berada di sebuah restoran bersama keluarganya. Padahal, Franks menuturkan bahwa perangkat itu merupakan versi baru yang ditukar di toko Best Buy pada September lalu.

Sudah tercatat 5 kasus di mana ponsel Galaxy Note 7 versi baru -yang seharusnya aman- terbakar di AS dalam rentang waktu satu minggu.

Dirangkum KompasTekno dari The Verge, Senin (10/10/2016), Samsung menyatakan sedang bekerja sama dengan pihak berwajib untuk menyelidiki rangkaian kejadian baru ini.

“Kami akan mempublikasikan hasil temuan begitu penyelidikan rampung,” sebut Samsung dalam sebuah pernyataan. Komisi Keamanan Produk Konsumen AS (CPSC) ikut terlibat dalam investigasi.

Sebelumnya, ponsel yang sama dilaporkan mengalami kejadian serupa di beberapa daerah di AS, yakni Virginia, Kentucky, Minnesota, dan di dalam penerbangan dari Louisville ke Baltimore. (Baca: Galaxy Note 7 yang Sudah Ditukar Terbakar di Pesawat)

Seorang pengguna Galaxy Note 7 versi baru di Taiwan juga melaporkan bahwa perangkat tersebut tiba-tiba berasap saat sedang dibawa di dalam kantung celana.

Operator seluler AS AT&T telah menghentikan program penukaran Galaxy Note 7 versi lama dengan versi baru, berkenaan dengan laporan-laporan di atas.

Pemilik Galaxy Note 7 versi lama yang ditarik kembali (recall) diharuskan menukar perangkat tersebut dengan ponsel lain, bukan Galaxy Note 7 versi baru. Operator seluler T-Mobile dilaporkan telah menerapkan kebijakan yang sama.

Perkembangan terakhir dari kasus ini, Samsung dikabarkan telah menghentikan sementara produksi Galaxy Note 7. (Baca: Samsung Dikabarkan Hentikan Sementara Produksi Galaxy Note)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com