Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

YouTube Gaming Resmi Ditutup

Kini YouTube Gaming resmi ditutup dan diintegrasikan ke layanan utama. Konten game masih punya tempat khusus, tetapi bukan sebagai aplikasi sendiri (standalone) melainkan tab di YouTube.

YouTube mengklaim setiap harinya ada 200 juta pengguna yang menonton konten game. Angka itu sama dengan jumlah penduduk Brasil. Akan tetapi, mereka tak menonton via aplikasi khusus YouTube Gaming.

“Ada kebingungan di aplikasi YouTube Gaming. Orang bertanya apa bedanya pengalaman di aplikasi YouTube Gaming dan YouTube utama,” Director of Gaming Content and Partnership YouTube, Ryan Wyatt menjelaskan.

“Karena itu, kami harap langkah kami kali ini memberikan sinyal yang jelas bahwa kami peduli dengan konten game sehingga menyatukannya ke YouTube utama,” ia menambahkan.

Ketika Anda membuka aplikasi YouTube, buka tab “Trending” di sisi bawah, lantas Anda bakal menemukan ikon “Gaming” di sisi atas.

Untuk akses desktop, Anda bisa menekan ikon tiga garis, gulir ke bawah pada opsi “More from YouTube”, dan temukan ikon “Gaming”.

Masing-masing adalah “top live games” (diproduksi otomatis oleh YouTube), “videos from your subscriptions” (video langganan Anda), dan “trending videos” (video baru yang tengah populer).

Ada pula “top live streams” (siaran langsung yang paling banyak ditonton di wilayah Anda), dan “recommended” (berbasis subscriptions dan rekam jejak penelusuran), sebagaimana pantauan KompasTekno, Rabu (19/8/2018).

Untuk mempromosikan konten yang bagus dari kreator yang belum terkenal, ada sebuah highlight yang disematkan bertajuk “On The Rise”.

Kurasinya bakal berganti tiap pekan, tetapi untuk sementara hanya berlaku di Amerika Serikat. Belum jelas kapan bakal hadir untuk pengguna Indonesia.

https://tekno.kompas.com/read/2018/09/19/11370027/youtube-gaming-resmi-ditutup

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke