Salin Artikel

Microsoft Bikin "Controller" Game ala Xbox untuk Smartphone?

Seolah tak mau ketinggalan kereta, Microsoft baru-baru ini dikabarkan tengah membikin aksesori controller game untuk digunakan di smartphone atau tablet saat bermain.

Hal tersebut diketahui dari paper penelitian yang belakangan dipublikasikan Microsoft Research, soal eksperimen dengan konsep controller mobile gaming.

Di dalamnya, Microsoft Research memaparkan keterbatasan antarmuka touchscreen di smartphone dan tablet yang kurang nyaman untuk memainkan game.

Lalu, konsol mobile Nintendo Switch disebut berhasil mengatasi limitasi touchscreen tersebut dengan menambah controller fisik di sisi-sisi layar.

“Kesuksesan Switch adalah bukti nilai controller fisik untuk mobile gaming,” sebut Microsoft Research dalam paper penelitiannya, seperti dirangkum KompasTekno dari Windows Central, Rabu (31/10/2018).

Bentuk sang perangkat sendiri disinyalir mirip controller konsol game Xbox besutan Microsoft. Controller bisa direntangkan atau terbagi dua untuk ditempatkan di sisi kiri dan kanan perangkat, mengapit layar dalam orientasi horizontal.

Microsoft kabarnya sudah membuat purwarupa controller game untuk smartphone ini, atau paling tidak sudah berupa model 3D berdasarkan rendering konsep, seperti pada gambar di atas.

Penelitian Microsoft soal controller game mobile sebenarnya sudah dilakukan sejak 2014, tapi baru belakangan kembali mengemuka, dipicu kesuksesan Nitendo Switch di pasaran.

Kendat demikian, sang controller sejauh ini masih berupa konsep. Belum jelas kapan ia akan hadir di pasaran, kalaupun benar-benar terwujud dalam bentuk produk jadi.

https://tekno.kompas.com/read/2018/10/31/14240017/-microsoft-bikin-controller-game-ala-xbox-untuk-smartphone-

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.