Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

CEO Apple Datangi Trump, Keluhkan Tarif AS Menguntungkan Samsung

Apple memang merupakan salah satu pihak yang terjepit di tengah perang dagang antara AS dan China. Administrasi Trump berencana mengenakan tarif impor tambahan 10 persen terhadap barang-barang impor dari China yang nilai totalnya mencapai 300 miliar dollar AS.

Tarif tambahan ini bakal diberlakukan mulai 1 September mendatang. Produk-produk Apple yang sebagian besar dibikin di China ikut kena imbasnya sehingga bisa makin mahal, termasuk iPhone, MacBook, dan berbagai pernak-pernik macam Apple Watch dan AirPods.

Sementara itu, Korea Selatan telah meneken kesepakatan dagang dengan AS pada September tahun lalu. Produk Samsung pun bisa melenggang masuk ke AS tanpa tersandung tambahan tarif impor seperti Apple.

"Saya pikir dia (Cook) melontarkan argumen yang meyakinkan," ujar Trump mengenai uneg-uneg yang disampaikan Cook soal tarif terhadap Apple. "Jadi, sedang saya pertimbangkan," lanjutnya, seperti dirangkum KompasTekno dari Reuters, Senin (19/8/2019).

Sebagian produk Apple seperti iPhone dan MacBook baru akan dikenakan tambahan tarif impor 10 persen pada 15 Desember mendatang, supaya tak mengganggu harga pasar menjelang momen liburan akhir tahun.

Berarti ada kemungkinan lini ponsel iPhone 11 yang kabarnya akan dirilis September mendatang akan lolos dari tarif impor tambahan.

https://tekno.kompas.com/read/2019/08/19/21320067/ceo-apple-datangi-trump-keluhkan-tarif-as-menguntungkan-samsung

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke