Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Benarkah YouTube Akan Menghapus Kanal Kreator yang Sepi Iklan?

Namun benarkah YouTube bakal memberangus kanal-kanal yang dipandang tidak mampu melakukan monetisasi, secara sepihak pula?

Perwakilan YouTube menjelaskan bahwa mereka sebenarnya tidak akan menghapus kanal yang dianggap tidak laku, melainkan menghapus fitur yang dinilai sudah usang atau jarang digunakan.

Fitur-fitur yang dimaksud misalnya YouTube messaging atau YouTube Studio Classic, sebagaimana KompasTekno rangkum dari 9to5Google, Selasa (12/11/2019).

"Kami tidak mengubah cara kerja produk kami, bagaimana kami mengumpulkan atau memproses data, atau beberapa pengaturan lainnya," jelas perwakilan YouTube.

Klarifikasi ini juga disampaikan YouTube di Twitter melalui akun @TeamYouTube. Kicauan ini sekaligus menjawab salah satu pengguna yang sempat salah tafsir akan kebijakan layanan YouTube.

Sayangnya, saat berita ini ditulis, twit pengguna tersebut telah dihapus setelah diklarifikasi oleh YouTube.

"Seperti sebelum-sebelumnya, kami akan menghentikan fitur-fitur YouTube tertentu atai sebagian dari layanan ynng misalnya, sudah kadaluwarsa atau jarang digunakan. Ini tidak berdampak pada kreator atau penonton," tambah @TeamYouTube dalam kicauannya. 

Kebijakan penghentian fitur semacam ini, menurut perwakilan YouTube, sudah ada di pedoman layanan. 

Dengan mengirimkan perubahan kebijakan layanan ke email pengguna dan para konten kreator diharapkan bisa membuat mereka lebih memahami pedoman yang sudah ada dan bisa segera mengetahui pembaruan yang akan dilakukan YouTube. 

https://tekno.kompas.com/read/2019/11/12/19050017/benarkah-youtube-akan-menghapus-kanal-kreator-yang-sepi-iklan-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke