Salin Artikel

Instagram Mulai Sembunyikan Jumlah "Like" di Indonesia

Melalui keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Jumat (15/11/2019), sejumlah pengguna di Indonesia secara acak akan mendapat pembaruan ini.

Pengguna yang kebagian uji coba penyembunyian likes akan mendapatkan notifikasi berupa pop-up yang menerangkan "perubahan pada bagaimana pengguna melihat suka (likes)".

Penampakannya seperti yang diunggah akun Instagram @makemac, salah satu pengguna di Indonesia yang kebagian uji coba . Setelah muncul "notifikasi" ini, pengguna tidak akan bisa melihat hitungan likes dari posting pengguna lain secara publik.

Sebelumnya, uji coba ini digelar di delapan negara, yakni Amerika Serikat, Australia, Brazil, Kanada, Irlandia, Italia, Jepang, dan Selandia Baru. Kesehatan mental menjadi alasan utama kebijakan penyembunyian likes.

Instagram beralasan penyembunyian angka hitungan akan mengurangi kompetisi jumlah likes di Instagram. Pengguna pun akan lebih fokus pada konten yang diunggah, tidak sekadar adu banyak likes.

"Tujuannya adalah untuk mengurangi tingkat kecemasan dan mengurangi komparasi sosial," jelas Adam, dihimpum KompasTekno dari Tech Crunch, Senin (15/11/2019).

Bagaimana, apakah Instagram Anda masih menampilkan like atau sudah disembunyikan?

https://tekno.kompas.com/read/2019/11/15/06510097/instagram-mulai-sembunyikan-jumlah-like-di-indonesia

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.