Salin Artikel

YouTube Akan Ingatkan Penggunanya untuk Istirahat

Selain menghabiskan waktu, tentu kebiasaan itu memakan kuota data internet. Kini, YouTube akan membantu penggunanya yang keranjingan menonton video lewat fitur "Remind me to take a break" atau dalam Bahasa Indonesia "Ingatkan saya untuk Istirahat".

Sesuai namanya, fitur ini akan mengingatkan pengguna untuk beristirahat sejenak saat menonton YouTube. Pengguna bisa mengaturnya lewat menu setting (pengaturan), lalu pilih general (umum), dan pilih "remind me to take a break" yang ada di urutan paling atas.

Geser tombol ke kanan hingga berubah warna menjadi biru untuk mengaktifkan fitur ini. Nantinya akan muncul pengaturan interval waktu mulai dari lima menit hingga hampir 24 jam.

Jika telah diatur sesuai waktu yang dikehendaki, pengguna akan mendapatkan notifikasi untuk rehat dan video akan otomatis berhenti. Apabila kepalang tanggung dengan video yang ditonton, pengguna bisa memilih opsi dimiss atau lewati dan lanjut menonton video.

Namun, YouTube masih akan tetap memberikan peringatan setiap interval waktu yang telah ditentukan. Dirangkum KompasTekno dri The Next Web, Selasa (26/5/2020), fitur ini belum bergulir secara merata.

Google, induk YouTube, sejatinya telah memiliki fitur serupa bernama "digital well being". Fitur ini melekat di sistem operasi Android dan bisa berfungsi di semua smartphone yang menjalankan OS Android 9 ke atas.

Fungsinya mirip dengan Remind me to take a break di YouTube, di mana pengguna bisa mengatur waktu pemakaian semua aplikasi yang terpasang di ponselnya.

https://tekno.kompas.com/read/2020/05/26/08100057/youtube-akan-ingatkan-penggunanya-untuk-istirahat

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.