Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jaringan di Sumatera Gangguan, Pelanggan Telkomsel "Curhat" di Twitter

KOMPAS.com - Kebakaran melanda fasilitas Sentra Telepon Otomat (STO) Telkom yang berlokasi di Jalan Jenderal Sudirman, Kota Pekanbaru, Riau, Selasa (11/8/2020) sore sekitar pukul 14.30 WIB.

Akibatnya, sejumlah layanan Telkom, seperti layanan panggilan suara, SMS, dan internet operator seluler Telkomsel mengalami gangguan. Pihak Telkomsel mengatakan jaringannya di sejumlah wilayah di Pulau Sumatera memang terdampak oleh kejadian tersebut.

"Layanan panggilan suara dan SMS untuk sementara ini belum dapat digunakan, dan ada penurunan kualitas akses data," ujar Vice President Corporate Communications Telkomsel Denny Abidin dalam keterangan tertulis kepada KompasTekno, Selasa (11/8/2020).

Telkomsel tak menjelaskan wilayah mana saja yang terkena gangguan. Namun, beragam keluhan dari berbagai daerah di pulau Sumatera tampak menjejali linimasa Twitter.

Pantauan KompasTekno malam ini sekitar pukul 18.45 WIB, sudah ada banyak pengguna Twitter yang "curhat" mengeluhkan gangguan jaringan di Sumatera. Akun @jedaann_, misalnya, mengatakan sinyal Telkomsel di Aceh ikut down.

Sebagian besar dari mereka mengeluh sinyal jaringan Telkomsel mati dan hanya bisa dipakai untuk panggilan darurat (Emergency Calls Only).

Indihome ikut gangguan

Dalam keterangan tertulis yang dilayangkan oleh Telkom, disebutkan bahwa wilayah yang mengalami gangguan layanan Telkomsel berada di wilayah Sumatera bagian Utara dan Tengah.

Layaanan internet rumah besutan Telkom, Indihome, yang tercatu dari STO tersebut, umumnya pelanggan berlokasi di kota Pekanbaru, juga mengalami gangguan. Disebutkan bahwa TelkomGroup saat ini sedang melakukan mitigasi dan proses pemulihan layanan.

"Atas nama manajemen TelkomGroup, kami menyampaikan permohonan maaf kepada para pelanggan khususnya yang terdampak atas ketidaknyamanan ini," ujar Vice President Corporate Communication Telkom Arif Prabowo.

https://tekno.kompas.com/read/2020/08/11/19260027/jaringan-di-sumatera-gangguan-pelanggan-telkomsel-curhat-di-twitter

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke