Salin Artikel

Google Uji Coba Fitur Video Pendek Mirip TikTok

KOMPAS.com - Kesuksesan TikTok menginspirasi perusahaan-perusahaan teknologi asal AS untuk menjiplak fiturnya ke dalam produk masing-masing.

Setelah YouTube, kini giliran Google yang dikabarkan sedang menguji coba fitur video pendek mirip TikTok.  Bentuknya berupa  "Short Video" pada tampilan Google Discover baik di Android maupun iOS.

Google menyajikan Short Video dengan tampilan preview bergulir (carousel) di dalam Google Discover. Pada highlight Short Video, konten yang dimunculkan berupa kumpulan video pendek yang dibuat dari aplikasi Trell dan Tangi.

Di halaman khusus tersebut, pengguna bisa melihat aneka konten Trell dan Tangi yang bisa ditelusuri dengan cara menggeser layar ke kiri. Pengguna juga dapat menyembunyikan klip apa pun dari opsi menu tambahan.

Untuk konten Tangi, antarmukanya dimunculkan serupa dengan yang ditampilkan pada aplikasi yang mencakup username, kategori video, dan opsi "Watch More".

Meski demikian, Short Video masih dalam tahap uji coba, Google juga belum menjelaskan secara detail mengenai kriteria video seperti apa yang bisa dimunculkan dalam halaman tersebut.

Tangi sendiri merupakan platform yang dibuat oleh tim eksperimental Google, Area 120.

Dari antarmukanya, Tangi memiliki tampilan yang mirip dengan Pinterest. Hanya saja, jenis konten Tangi lebih berfokus pada video pendek ala TikTok. Di dalamnya ada beberapa kategori seperti Seni, Memasak, DIY, Fashion, Kecantikan, dan Gaya Hidup.

https://tekno.kompas.com/read/2020/08/26/07010077/google-uji-coba-fitur-video-pendek-mirip-tiktok

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.