Salin Artikel

Cara Mengubah Akun Google Utama di Ponsel Android

Sebenarnya, ponsel Android hanya butuh satu akun Google untuk menyesuaikan pengaturan dan fitur. Namun, tak sedikit pengguna Android memiliki lebih dari satu akun Google untuk kepentingannya di dalam satu ponsel.

Tujuannya pun berbeda, satu akun biasanya digunakan sebagai keperluan personal, kemudian akun lainnya difungsikan untuk urusan pekerjaan atau bisnis.

Apabila sudah menambahkan beberapa akun Google di ponsel Android, tentu harus ada satu akun yang berfungsi sebagai akun default. Artinya, akun tersebut selalu dipakai pertama kali untuk mengakses berbagai layanan Google.

Lantas, bagaimana cara mengubah default akun Google di smartphone Android untuk beralih ke akun lainnya? Berikut langkah-langkahnya, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari HowToGeek, Selasa (17/11/2020).

Pertama-tama, perlu diingat bahwa jika pengguna memiliki beberapa akun, akun apa pun yang Anda masukkan pertama akan menjadi akun "default" pada ponsel. Sehingga, pengguna harus sign-out terlebih dahulu dari akun tersebut jika ingin mengubahnya.

Untuk itu, pengguna harus membuka opsi pengaturan pada ponsel. Perlu dicatat, menu "Setting" ini akan berbeda-beda setiap perangkat Android.

Pilih akun Google yang sebelumnya sudah diatur sebagai default. Setelah dipilih, lalu tekan akun tersebut sampai muncul opsi "Remove Account"

Sebelum menghapus akun, pengguna sebaiknya mencadangkan data-data terlebih dahulu agar tetap tersimpan apabila ingin masuk kembali ke akun tersebut.

Setelah itu, pilih "Remove Account" pada pesan pop-up untuk mengonfirmasi jika Anda setuju. Secara otomatis, akun tersebut akan dihapus dari daftar dan perangkat Anda.

Selamat mencoba!

https://tekno.kompas.com/read/2020/11/17/19300017/cara-mengubah-akun-google-utama-di-ponsel-android

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.