Salin Artikel

Mundur dari Jabatan CEO Amazon, Berapa Harta Kekayaan Jeff Bezos?

Sejak beberapa tahun terakhir selama menjabat sebagai CEO Amazon, Jeff Bezos, masuk dalam 10 besar daftar orang terkaya versi Forbes. 

Ia pertama kali masuk daftar tersebut pada 2016, bersama Mark Zuckerberg. Kala itu, kekayaan Bezos ditaksir mencapai angka 45,2 miliar dollar AS atau setara Rp 633,6 triliun jika dikonversi dengan kurs hari ini.

Sejak saat itu, pundi-pundi kekayaan Bezos terus bertambah. Hingga 2020 lalu, ia pun tidak pernah absen dalam daftar 10 orang terkaya versi Forbes. Bahkan, selama tiga tahun terakhir namanya berada di peringkat paling atas.

Lantas berapa kekayaan Jeff Bezos saat ini?

Menurut data The Real-Time Billionaires List yang dipublikasi Forbes, Jeff Bezos saat ini tercatat memiliki harta kekayaan bersih mencapai 196,2 miliar dollar AS (sekitar Rp 2.747,2 triliun)

Menurut data tersebut, kekayaan Bezos naik 1,02 persen atau setara dengan 2 miliar dollar AS (kira-kira Rp 28 triliun) berkat sesi perdagangan saham pada Senin (1/2/2021).

Dengan jumlah tersebut, Bezos kembali merebut posisi sebagai orang terkaya di dunia, mengalahkan Elon Musk. Kini Bezos lebih kaya 7,9 miliar dollar AS atau setara dengan Rp 110,6 triliun dibandingkan Musk.

Kekayaan Bezos tersebut sebenarnya menurun dari 2020 lalu. Pada Agustus 2020, kekayaannya sempat tercatat mencapai angka 200 miliar dollar AS atau sekitar Rp 2.940 triliun ketika itu.

Dengan demikian, pria berusia 56 tahun itu kini menjadi orang pertama di dunia yang memiliki nilai kekayaan mencapai 200 miliar dollar AS.

Rekor peningkatan kekayaan

Pada pertengahan 2020 lalu, Jeff Bezos mencatatkan rekor. Peningkatan nilai kekayaan Bezos mencapai 13 miliar dollar AS atau sekitar Rp 191,1 triliun hanya dalam sehari.

Kala itu, lonjakan nilai kekayaan Bezos terjadi berkat harga saham Amazon melejit hingga 7,9 persen.

Peningkatan ini adalah angka tertinggi sejak Desember 2018, seiring dengan meningkatnya optimisme mengenai tren belanja online yang semakin digandrungi saat pandemi Covid-19 melanda dunia.

Adapun sejak awal 2020, harga saham Amazon memang telah melesat hingga 73 persen. Pada 2020 lalu, secara keseluruhan nilai kekayaan Bezos telah bertambah hingga 74 miliar dollar AS menjadi 189,3 miliar dollar AS.

Peningkatan tersebut terjadi meski Amerika Serikat tengah mengalami tekanan ekonomi terparah.

Punya 15 perusahaan

Selain Amazon, Jeff Bezos juga memiliki sejumlah perusahaan lain yang bergerak di berbagai bidang.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Gadgets Now, Rabu (3/2/2021) Bezos tercatat memiliki 15 perusahaan, termasuk perusahaan media, robotik, hingga e-commerce.

Berikut daftar lengkap 15 perusahaan yang dimiliki Bezos.

  1. Situs web pakaian dan alas kaki Zappos
  2. Perusahaan software Elemental Tech
  3. E-commerce di Dubai Souq.com
  4. Perusahaan roket Blue Origin
  5. Koran The Washington Post
  6. Supermarket Whole Foods
  7. Database program film dan TV IMDb
  8. Perusahaan robotika Kiva Systems
  9. Situs peringkat web Alexa
  10. Situs web fotografi digital DPReview
  11. Toko kain online Fabric.com
  12. itus web penawaran harian Woot.com
  13. Situs untuk pembaca dan rekomendasi buku Goodreads
  14. Situs live streaming Twitch
  15. Perusahaan buku audio Audible

Pendapatan Amazon

Walaupun tak lagi menjabat sebagai CEO, pendiri Amazon itu ke depannya masih akan terlibat dalam proyek-proyek penting Amazon.

Selama ini, Amazon telah bertransformasi menjadi e-commerce dan perusahaan teknologi dengan nilai kapitalisasi pasar mencapai 1.696 triliun dollar AS atau lebih dari Rp 23.746 triliun.

Kabar mundurnya Bezos ini juga datang bersamaan dengan laporan pendapatan perusahaan Amazon pada kuartal I-2021.

Dalam laporan, Amazon berhasil membukukan pendapatan hingga 100 miliar dollar AS (sekitar Rp 1,4 triliun) di kuartal pertama 2021, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari CNBC, Rabu (3/2/2021).

Namun, pria berusia 57 tahun memiliki 53,2 juta saham sebagai pendiri perusahaan.

Jumlah itu juga sudah berkurang, lantaran Bezos memberikan 19,7 juta sahamnya kepada mantan istrinya, MacKenzie Scott, dalam perceraian 2019 silam.

Walau tidak disebutkan jumlahnya, Bezos juga dikabrakan telah menjual sahamnya di Amazon untuk berdonasi.

https://tekno.kompas.com/read/2021/02/03/14460087/mundur-dari-jabatan-ceo-amazon-berapa-harta-kekayaan-jeff-bezos-

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.