Salin Artikel

Elon Musk Pamer Video Monyet Main Game dengan Kekuatan Pikiran

Dalam video yang dibagikan, tampak seekor monyet berumur sembilan tahun yang bermain game Pong. Monyet bernama Pager ini awalnya bermain game menggunakan joystick.

Namun, peneliti kemudian mencabut kabel penghubung joystick tersebut dan monyet itu pun masih bisa bermain game seperti biasa.

Monyet tersebut dapat mengontrol game dengan kekuatan pikiran berkat microchip yang ditanam di dalam otak. Inovasi tersebut merupakan buatan salah satu perusahaan milik Elon Musk, yakni Neuralink.

Perusahaan tersebut mengembangkan teknologi microchip yang diimplan di dalam otak. Neuralink memang tengah fokus mengembangkan implan otak berteknologi tinggi yang memungkinkan manusia nantinya bisa mengontrol komputer hanya dengan berpikir.

Monyet tersebut dapat mengontrol permainan hanya dengan berpikir menggerakkan tangannya ke atas atau ke bawah.

"Neuralink akan memungkinkan seseorang yang lumpuh dapat menggunakan smartphone dengan pikiran mereka, dan lebih cepat daripada seseorang yang menggunakan jempol," kata Musk.

Ia menambahkan, pengembangan Neuralink selanjutnya ditujukan untuk "menyembuhkan" orang-orang yang mengalami kelumpuhan. Neuralink yang ditanam di otak nantinya akan terhubing ke Neuralink yang ditanam di motorik atau sensorik tubuh.

"Sehingga memungkinkan untuk misalnya, orang lumpuh bisa berjalan kembali," lanjut Musk.

Perangkat ini ditanamkan di dalam tengkorak dan mengisi daya secara nirkabel. Sehingga penggunanya akan tampak seperti orang normal pada umumnya.

Neuralink bekerja dengan merekam sinyal listrik dari otak menggunakan lebih dari 2.000 elektroda yang ditanamkan di daerah korteks motorik monyet, yang mengoordinasikan gerakan tangan dan lengan.

Dalam video tersebut dijelaskan bahwa dengan menggunakan data-data yang ada, peneliti melakukan kalibrasi. Peneliti pun secara matematis membuat model hubungan antara pola aktivitas saraf serta berbagai gerakan joystick yang dihasilkan. 

Sebelum menanamkan implan pada monyet, Neuralink sudah lebih dulu menanamkan microchip tersebut pada babi bernama Gertrude.

Dihimpun KompasTekno dari Reuters, Senin (12/4/2021), Neuralink sendiri pertama kali pada 2016.

Neuralink memiliki tujuan untuk membantu menyembuhkan kondisi neurologis seperti Alzheimer, demensia, cedera tulang belakang, hingga menggabungkan manusia dengan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI).

https://tekno.kompas.com/read/2021/04/12/10050027/elon-musk-pamer-video-monyet-main-game-dengan-kekuatan-pikiran

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.