Salin Artikel

3 Cara Mencari Filter Baru untuk Mempercantik Instagram Stories

Tidak hanya filter berupa efek biasa seperti di kebanyakan aplikasi edit foto. Banyak pula kreator yang memanfaatkan teknologi realitas ganda (augmented reality/AR) untuk membuat aneka filter yang tidak hanya menarik tapi juga mempercantik.

Saking menariknya, beberapa orang lebih memilih mengambil foto atau video langsung dari lensa Instagram yang telah dipasangi filter, ketimbang mengambil gambar dari kamera ponsel dan menyuntingnya lebih dulu di aplikasi pihak ketiga.

Memasang filter Instagram tidaklah sulit. Instagram telah menyediakan deretan filter buatannya dan beberapa kreator. Deretan filter itu bisa ditemukan di sisi bawah layar, segaris dengan tombol "shutter" (tombol ambil foto/rekam video).

Jika bosan dengam pilihan filter yang standar, pengguna bisa mencari filter lain. Berikut ini tiga cara mencari filter baru di Instagram untuk mempercantik Instagram Stories yang dihimpun KompasTekno, Senin (21/6/2021).

Cara mencoba filter dari unggahan Instagram Stories orang lain

Biasanya inspirasi membuat Instagram Stories yang menarik terilhami dari Stories milik teman.
Jika ingin menggunakan filter yang sama, cukup klik nama kreator filter yang ada di sisi atas layar, tepatnya berada di bawah username. Kemudian, pilih "try it".

Lanjutkan dengan mengambil gambar atau merekam video dengan menekan tombol shutter yang telah terpasang filter tersebut. Jika tertarik menjadikannya filter favorit, pilih opsi "save effect".

Filter yang disimpan akan ditambahkan ke deretan koleksi filter Instagram Stories di sisi bawah layar.

Cara menambah filter Instagram Stories dengan browsing di kolom pencarian

Ingin mengeksplorasi lebih banyak filter? Tentu saja hal itu bisa dilakukan. Setelah membuka Instagram Stories, geser deretan koleksi filter ke kiri hingga menemukan ikon pencarian yang disimbolkan dengan kaca pembesar.

Klik ikon tersebut untuk menemukan aneka macam filter lainnya. Di sisi atas terdapat tab kategori filter agar lebih mudah mencari filter yang cocok. Jika tertarik dengan salah satu filter, klik lalu pilih "try it" untuk mencobanya.

Bisa juga menyimpan filter dengan cara mengklik ikon unduh yang ada di sisi kanan bawah layar, berdekatan denfan ikon "share" yang disimbolkan dengan gambar pesawat kertas. Jika filter telah tersimpan maka tanda anak panah ke bawah akan berubah menjadi tanda centang.

Pencarian filter juga bisa dilakukan dengan mengklik salah satu filter. Kemudian klik anak panah ke bawah dan pilih "browse effects". Nantinya, pengguna akan diarahkan ke laman pencarian filter yang sama seperti cara sebelumnya.

Apabila penasaran dengan koleksi filter buatan kreator tertentu, pilih opsi "see more by this account" yang nantinya akan diarahkan menuju laman profil kreator.

Bisa juga melalui opsi "view effect page" yang akan menampilkan siapa saja orang yang menggunakan filter miliknya dalam Reels.

Sayangnya, Reels belum hadir di Indonesia. Namun, pengguna Instagram Indonesia sudah bisa melihat video-video Reels yang menggunakan filter sang kreator.

Cara menambah filter Instagram Stories dari kreator favorit

Jika memiliki kreator filter favorit, pengguna bisa mencari koleksi filter buatannya di laman profilnya.

Caranya bisa dengan langsung menuju laman profil sang kreator. Kemudian cari ikon filter yang biasanya disimbolkan dengan gambar tiga buah bintang yang membentuk serupa kilauan. Biasanya, ikon filter bersebelahan dengan ikon "tagging".

Pencarian nama kreator bisa dilakukan melalui kolom pencarian di menu explore. Bisa juga dilakukan melalui kolom pencarian di menu "browse effect".

https://tekno.kompas.com/read/2021/06/21/20070087/3-cara-mencari-filter-baru-untuk-mempercantik-instagram-stories

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.