Salin Artikel

6 Keunggulan Samsung Galaxy Z Fold 3 Dibanding Pendahulunya

Kedua ponsel tersebut merupakan penerus dari Galaxy Fold Z 2 dan Galaxy Z Flip yang diperkenalkan tahun lalu

Secara umum, menurut Product Marketing Manager Samsung Mobile, Verry Octavianus dan Taufiq Furqan, Galaxy Z Fold 3 memiliki sejumlah keunggulan dibandingkan dengan pendahulunya. Apa saja?

1. Water resistance

Salah satu fitur unggulan utama yang dimiliki Galaxy Z Fold 3 adalah ketahan terhadap air dengan sertifikasi IPX8. Fitur ini absen di Galaxy Z Fold 2.

Verry menjelaskan, fitur ini membuat ponsel lipat anyar ini masih dapat bertahan apabila terjatuh atau terendam di air dengan kedalaman 1,5 meter selama 30 menit.

"Ini menjadikan Galaxy Z Fold 3 dan Galaxy Z Flip 3 sebagai satu-satunya perangkat foldable series pertama di dunia yang dibekali dengan fitur water resistance," kata Verry, dalam acara Local Unpacked Galaxy Z Fold 3 dan Flip 3 yang digelar secara daring, Kamis (12/8/2021).

Untuk menambah kesan kokoh, cangkang dua ponsel lipat ini sudah dilindungi dengan kaca Gorilla Glass Victus yang diklaim 50 persen lebih tangguh dibanding Gorilla Glass 6.

3. Konektivitas 5G

Verry mengatakan, ponsel flagship Samsung, termasuk Galaxy Z Fold 3 dibekali chipset yang mendukung konektivitas 5G. Hal ini berbeda dengan ponsel lipat generasi sebelumnya yang baru mendukung 4G. 

Galaxy Z Fold 3 ditenagai chipset Snapdragon 888 (5nm) dari Qualcomm. Meski demikian, Verry tak menjelaskan pita (band) jaringan 5G yang sudah didukung oleh dua ponsel ini.

Mengingat untuk bisa menikmati layanan 5G di Indonesia, ponsel setidaknya harus sudah mendukung band n3 (layanan 5G Indosat) dan n40 (layanan 5G Telkomsel).

Yang jelas, Verry mengatakan, pihaknya mengaku masih dalam tahap kerja sama dengan operator seluler agar Galaxy Z Fold 3 dan Galaxy Z Flip 3 segera bisa menikmati jaringan generasi kelima.

"Diharapkan akhir tahun atau kuartal ketiga 2021. Begitu sudah resmi dan trialnya sudah maksimal, nanti kita akan umumkan sinyal 5G tersebut. Apakah perlu unlock? Tidak perlu khawatir, nanti akan ada software update," jelas Verry.

4. Refresh rate 120 Hz

Layar Samsung Galaxy Z Fold 3 kini memiliki refresh rate 120 Hz. Verry mengatakan, layar sekunder di Galaxy Z Fold 2 yang dirilis tahun lalu, baru mendukung refresh rate 60 Hz.

Senada dengan Verry, Taufiq mengatakan bahwa kini di Galaxy Z Fold 3, baik layar sekunder maupun layar utama ponsel ini sudah mendukung refresh rate 120 Hz.

"Untuk menikmati konten atau game yang mendukung, ini akan jauh memberikan pengalaman yang mulus," kata Taufiq.

Menggunakan S Pen, pengguna dapat mencatat, menggambar, hingga menunjang multitasking sejumlah aplikasi di layar utama (Main Screen) ponsel.

Verry menjelaskan, ada dua jenis S Pen yang didukung ponsel Galaxy Z Fold 3, yaitu S Pen Fold Edition dan S Pen Pro.

Perbedaan mencolok di antara kedua S Pen tersebut adalah konektivitas dan perangkat yang didukung stylus tersebut.

Seperti namanya, S Pen Fold Edition hanya bisa dipakai di Galaxy Z Fold3 saja dan tidak dibekali dengan konektivitas Bluetooth. Meski demikian, stylus ini mendukung fitur navigasi Air Command.

"Sedangkan S Pen Pro dibekali dengan konektivitas Bluetooth dan mendukung berbagai perangkat Samsung lainnya, seperti Galaxy Tab, Galaxy 21 Ultra, hingga Galaxy Note Series," kata Verry.

Selain Air Command, S Pen Pro juga hadir dengan sejumlah fitur khas S Pen di Galaxy Note Series, salah satunya adalah Air Actions.

Tidak seperti Galaxy Note Series, Galaxy Z Fold 3 tidak dibekali dengan tempat penyimpanan S Pen. Nantinya, aksesori tersebut akan bisa disimpan dalam case khusus ponsel lipat tersebut.

6. Kamera selfie di bawah layar

Samsung Galaxy Z Fold 3 sebenarnya masih dibekali dengan lima kamera seperti pendahulunya Galaxy Z Fold 2, meliputi tiga kamera belakang, satu Cover Camera di layar sekunder, dan satu kamera selfie di layar utama.

Namun, yang istimewa kali ini, Samsung menyematkan kamera selfie di bawah layar beresolusi 4 MP (f/1.8) di layar utamanya.

Dengan mekanisme kamera selfie seperti ini, layar utama Galaxy Z Fold 3 lantas akan terkesan semakin lega dan pengguna bisa menikmati berbagai konten dan bermain game tanpa adanya gangguan punch hole atau lubang kecil di layar.

"Dari segi kualitas hasil, pengguna tak perlu takut, kamera selfie UDC 4 MP Full HD ini sudah bisa menghasilkan foto atau video yang bagus," klaim Verry.

Kedua ponsel lipat ini juga sudah bisa dipesan (pre-order) di Indonesia, mulai 11 Agustus hingga 29 Agustus 2021. Pemesanan bisa dilakukan di situs resmi Samsung, www.galaxylaunchpack.com atau langsung melalui tautan ini.

https://tekno.kompas.com/read/2021/08/12/19010047/6-keunggulan-samsung-galaxy-z-fold-3-dibanding-pendahulunya

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.