Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Video dari Game X-Plane Jadi Sumber Hoax Garuda Indonesia "Crash Landing" di Iran

Di tengah-tengah video, terselip sebuah narasi yang menjelaskan bahwa pesawat Garuda Indonesia crash landing di iran, telah terhempas di sebuah runway di Mashdad, pada 7 Januari 2022 lalu.

"This is airplane (Garuda, Indonesia) was crashed land today (7.1.2022) in Mashhad city Iran Garuda Indonesia," tulis salah satu pengantar pada video tersebut.

Video pendek berdurasi sekitar 36 detik tersebut sudah beredar kurang lebih hampir sepekan di lini masa Facebook, Twitter, TikTok, dan melalui pesan instan seperti WhatsApp.

Menanggapi beredarnya video tersebut, Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra dengan jelas membantah dugaan kecelakaan yang dialami oleh maskapai perusahaan.

"Hoaks," jelas Irfan ketika dikonfirmasi oleh Kompas.com, Senin (10/1/2022).

Dengan adanya pernyataan resmi dari Irfan, maka video Garuda Indonesia crash di Iran saat mendarat itu terbukti tidak benar, alias hoaks.

Dari game X-Plane 11

Setelah ditelusuri lebih lanjut, KompasTekno menemukan bukti bahwa video Garuda Indonesia crash landing di Iran tersebut merupakan cuplikan video dari game simulasi penerbangan X-Plane 11.

Video pendaratan darurat ini diambil dari sebuah video berjudul "Most Crazy Emergency Landing By Drunk Pilot | X-Plane 11" yang diunggah oleh kanal YouTube Bopbibun.

Pada video berdurasi 7 menit 13 detik, terlihat bahwa pemilik kanal sedang menerbangkan pesawat bertipe Boeing 777 pada game X-Plane 11.

Dinarasikan bahwa video ini menunjukkan proses pendaratan pesawat yang dilakukan oleh seorang pilot dalam kondisi mabuk.

Hingga pada menit ke 5:44, video tersebut memperlihatkan pesawat Garuda Indonesia yang seolah-olah sedang melakukan pendaratan di sebuah runway.

Cuplikan pada menit inilah yang nampaknya digunakan oknum tidak bertanggung jawab untuk menyebar informasi palsu dan mencari views di media sosial.

Padahal, pemilik kanal YouTube Bopbibun sudah dengan jelas menyampaikan bahwa video yang diunggahnya tersebut hanya sekedar cuplikan dari sebuah video game dan tidak terjadi berdasarkan peristiwa nyata.

"Ini hanyalah sebuah simulasi penerbangan. (Video) ini tidak nyata," sebagaimana yang tertulis pada kolom deskripsi video.

Tentang X-Plane 11

Sebagai informasi, X-Plane 11 merupakan sebuah video game simulasi yang dirilis untuk platform Windows, mac, dan Linux pada Maret 2017 lalu.

Serupa dengan game populer Microsoft Flight Simulator, X-Plane 11 mampu menawarkan sensasi layaknya sedang menerbangkan sebuah pesawat terbang.

X-Plane 11 menjanjikan ilustrasi bandara, keadaan cuaca, hingga menyediakan sekitar 9 model pesawat terbang dari beragam maskapai penerbangan.

Untuk lebih lengkapnya, silakan menyaksikan video simulasi game X-Plane 11 yang diunggah oleh kanal YouTube Bopbibun berikut ini.

https://tekno.kompas.com/read/2022/01/11/20131277/video-dari-game-x-plane-jadi-sumber-hoax-garuda-indonesia-crash-landing-di-iran

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.