Salin Artikel

THR Cair, Berikut 4 Panduan Upgrade Smartphone Baru agar Tak Salah Pilih

KOMPAS.com – Hari Raya Idul Fitri semakin dekat. Sebagian masyarakat sudah mendapatkan tunjangan hari raya (THR) dan bisa menggunakannya untuk memenuhi berbagai kebutuhan selama Lebaran.

Tak jarang, dana tersebut juga dialokasikan untuk keperluan lain, seperti meng-upgrade smartphone yang dimiliki.

Selain menyemarakkan momen kumpul bersama keluarga saat Lebaran, upgrade smartphone juga bermanfaat untuk menunjang aktivitas sehari-hari.

Demi memenuhi kebutuhan tersebut, brand smartphone pun saling berlomba menghadirkan produk yang bersaing dalam berbagai aspek, mulai dari spesifikasi, harga, hingga fitur unggulan.

Karena banyak pilihan, hal itu justru membuat konsumen kebingungan dalam memilih smartphone sesuai kebutuhan.

Supaya tak bingung dan salah pilih, sebaiknya konsumen memperhatikan empat panduan berikut sebelum membeli smartphone.

1. Kebutuhan

Bagi sebagian besar orang, smartphone merupakan perangkat vital penunjang kehidupan sehari-hari. Setiap pengguna smartphone pun memiliki kebutuhan berbeda.

Beberapa orang memerlukan smartphone dengan kapasitas ruang penyimpanan data dan random access memory (RAM) besar karena harus memasang sejumlah aplikasi.

Ada pula, pengguna yang membutuhkan smartphone dengan kualitas kamera mumpuni dan kapasitas baterai besar. Kedua hal ini dapat menyokong kebutuhan video conference ketika bekerja secara mobile.

Oleh sebab itu, ketahui terlebih dahulu kebutuhan kamu sebelum meng-upgrade smartphone. Jika smartphone hendak digunakan untuk aktivitas multimedia, pilih perangkat yang dapat mengakomodasi kebutuhan tersebut.

2. Anggaran

Sebelum membeli smartphone dengan dana yang bersumber dari THR, sebaiknya kamu membuat alokasi anggaran kebutuhan Lebaran terlebih dahulu.

Pastikan berbagai kebutuhan Lebaran, seperti berbelanja bahan makanan dan kue, mudik, serta berwisata, telah terpenuhi.

Dengan mengetahui besaran anggaran untuk membeli smartphone, kamu bisa mempersempit pilihan gadget yang tersedia. Hal ini akan memudahkan kamu menentukan smartphone yang sesuai dengan dana dan kebutuhan.

3. Spesifikasi

Setelah mengetahui aspek kebutuhan dan anggaran, kamu bisa mencermati spesifikasi dari berbagai smartphone yang tersedia di pasaran.

Berdasarkan survei bertajuk "What Indonesian Smartphone Buyers Want and Their Path to Purchase" yang dilakukan Google pada 2019, tiga spesifikasi utama yang menjadi pertimbangan konsumen dalam membeli smartphone adalah kecepatan perangkat, daya tahan baterai, dan memori.

Demi mendapatkan smartphone dengan spesifikasi terbaik sesuai kebutuhan, kamu dapat membandingkan sejumlah smartphone yang memiliki kisaran harga yang sama.

4. Promo

Seperti diketahui, Hari Raya Idul Fitri merupakan salah satu momen terbaik untuk berbelanja. Sebagian besar brand dan e-commerce biasanya menggelar promo besar-besaran untuk menyemarakkan momen Lebaran.

Lewat promo itu, konsumen bisa mendapatkan berbagai keuntungan, seperti potongan harga, cashback, dan hadiah eksklusif.

Nah, kamu juga dapat memanfaatkan momen tersebut untuk mendapatkan penawaran dan harga terbaik saat mencari smartphone incaran. Sebagai rekomendasi, kamu bisa mengecek promo Semarak Ramadan yang dihadirkan brand premium Oppo.

Dengan promo tersebut, konsumen bisa mendapatkan rice cooker atau air fryer Olike untuk pembelian Oppo Reno7 Z 5G.

Selain itu, untuk pembelian Oppo Reno7 5G, konsumen akan mendapatkan hadiah eksklusif berupa sandwich maker Olike.

Promo tersebut berlangsung mulai Senin (18/4/2022) hingga Senin (2/5/2022) dan berlaku di seluruh Oppo Store se-Indonesia, baik online maupun offline.

Sebagai pionir smartphone 5G di Indonesia, Oppo senantiasa menghadirkan smartphone hi-tech berstandar internasional.

Salah satunya adalah Oppo Reno7 Z 5G. Ponsel ini dilengkapi RAM 8 GB dengan opsi ekspansi hingga 5 GB dan penyimpanan data internal 128 GB.

Adapun baterai yang dibenamkan pada Oppo Reno7 Z 5G berukuran 4.500 miliampere per hour (mAh). Perangkat ini dapat terisi penuh dalam waktu 63 menit berkat teknologi pengisian daya supercepat 33 W SuperVOOC.

Untuk memaksimalkan kebutuhan pengguna, Oppo menyematkan prosesor terbaru Snapdragon 695 5G pada seri Reno7 Z 5G.

Selain itu, Oppo Reno7 Z 5G juga mengunggulkan Ultra Slim Retro Design dengan Dual Orbit Light. Desain ini mengusung bingkai samping datar sehingga membuat Oppo Reno7 Z 5G terlihat elegan dan nyaman digenggam.

Kemudian, Oppo Reno7 Z 5G juga menghadirkan fitur Bokeh Flare Portrait yang merupakan favorit pencinta foto bokeh. Dengan fitur tersebut, fotografer sudah bisa membuat foto bokeh berkualitas tinggi selayaknya menggunakan kamera digital single lens reflex (DSLR).

Sementara itu, pada seri Reno7 5G, Oppo melengkapi baterai berukuran 4.500 mAh dengan teknologi pengisian daya supercepat 65 watt (W) SuperVOOC. Dengan teknologi ini, pengguna dapat mengisi perangkat hingga 100 persen dari posisi kosong hanya dalam waktu 30 menit.

Smartphone yang menggunakan prosesor Mediatek Dimensity 900 5G itu memiliki RAM berkapasitas 8 GB dengan teknologi ekspansi hingga 5 GB dan penyimpanan data internal 256 GB.

Kemudian, demi mendukung aktivitas fotografi dan videografi pengguna, Oppo menyematkan mode Portrait pada Oppo Reno7 5G.

Fitur tersebut dapat menyimulasikan 25 tingkatan ukuran bukaan lensa (aperture) mulai dari F0,95 hingga F16. Dengan bukaan lensa ini, pengguna akan mendapatkan hasil foto bokeh dengan mudah.

Selain itu, Oppo Reno7 5G juga mengunggulkan teknologi Laser Direct Imaging (LDI) pada pembuatan desain bodi smartphone. Teknologi ini menghasilkan desain unik berupa pola garis-garis lurus pada bagian punggungnya. Garis ini merupakan representasi dari lintasan meteor jatuh.

Sebagai informasi, pengguna bisa mendapatkan Oppo Reno7 Z 5G dengan harga Rp 5.999.000 dan Oppo Reno7 5G Rp 7.499.000

Untuk menikmati promo Semarak Ramadan dan mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai Oppo Reno7 Series 5G, kamu bisa mengunjungi tautan berikut.

https://tekno.kompas.com/read/2022/04/21/14070037/thr-cair-berikut-4-panduan-upgrade-smartphone-baru-agar-tak-salah-pilih

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.