Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Realme Pad X 5G Meluncur, Bawa Fitur Mirip iPad

Spesifikasinya serupa dengan Realme Pad X versi China. Hanya saja perbedaannya terletak pada dukungan konektivitas 5G dan punya fitur bernama “Limelight”.

Limelight merupakan fitur yang mirip dengan Center Stage milik Apple yang bisa digunakan di Google Duo, Google Meet, dan Zoom.

Fitur ini dapat "menjaga" objek kamera saat video call tetap berada di tengah.

Realme Pad X 5G memiliki layar dengan diagonal 10,95 inci. Resolusi layar adalah Full HD Plus (2000 x 1200 piksel). Tablet tersebut mendukung tingkat kecerahan 360 nits, dengan kerapatan gambar 213 PPI, dan aspect ratio 3:5.

Bingkai layar (bezel) dari tablet ini masih tampak cukup tebal di seluruh sisinya. Keempat ujung bingkai pada tablet juga dibuat dengan sudut membulat (rounded shape).

Di bagian belakang, terdapat satu kamera beresolusi 12 mega piksel. Kamera tersebut berada di pojok kiri atas tablet.

Selain bisa mengambil gambar dan video, kamera tersebut dibekali fitur Text Scanner. Pengguna bisa menyalin teks dari gambar melalui fitur tersebut.

Sedangkan, untuk kamera bagian depan, Realme Pad X punya kamera beresolusi 8 mega piksel dengan sudut pandang 105 derajat.

Kapasitas memori bisa ditingkatkan melalui slot microSD yang tersedia di dalam perangkat.

Realme Pad X 5G menjalankan sistem operasi (OS) Android yang dilapisi tampilan antarmuka Realme UI 3.0. Namun, tidak disebutkan Android berapa yang digunakan sebagai OS.

Perangkat tablet ini akan ditopang oleh baterai “jumbo” yang berkapasitas 8.340 mAh dengan kecepatan pengisian daya 33 watt.

Realme Pad X 5G memiliki fitur Multi-Screen Collaboration. Dengan fitur ini, pengguna dapat dengan mudah memindahkan tampilan layar ponsel mereka ke tablet tersebut.

Selain memindahkan layar ponsel, Realme Pad X juga memungkinkan pengguna untuk menyalin teks dan memindahkan file dari layar yang berbeda. Namun, fitur tersebut hanya didukung oleh perangkat Realme GT 2 Pro, GT Neo 2, GT Neo 3, dan GT Master Edition.

Dirangkum KompasTekno dari GSM Arena, Rabu (27/7/2022), Realme sendiri berjanji akan menambah lebih banyak perangkat yang mendukung fitur tersebut.

Fitur lain yang melengkapi Realme Pad X terdiri dari fitur Multi-Screen Collaboration, reverse wired charging, USB-C, DC Dimming untuk menghemat daya ketika layar tablet redup, speaker quad Hi-Res Audio dan dukungan Dolby Atmos.

Secara keseluruhan, spesifikasi tablet Realme Pad X versi India tidak terlalu jauh berbeda dengan versi China yang telah diluncurkan Mei lalu..

Harga tablet Realme Pad X 5G

Ada dua varian warna yang tersedia yaitu Glacier Blue dan Glowing Gray. Realme Pad X 5G hadir dalam versi Wi-Fi only dan 5G. Berikut adalah rincian harganya:

  • Realme Pad X versi Wi-Fi saja (RAM 4GB dan memori 64 GB): 17.999 rupee (Rp 3,3 juta)
  • Realme Pad X versi 5G (RAM 4GB dan memori 64 GB): 25.999 rupee (Rp 4,8 juta)
  • Realme Pad X versi Wi-Fi saja (RAM 6GB dan memori 128 GB): 27.999 rupee (Rp 5,2 juta)

Realme juga merilis Pencil dan Realme Smart Keyboard sebagai aksesoris penunjang. Keyboard yang diluncurkan memiliki key travel 1,3 mm dan memiliki baterai berkapasitas 280 mAH.

Perusahaan mengeklaim kalau keyboard tersebut memungkinkan pengguna melakukan kegiatan mengetik selama 112 jam tanpa henti. Keyboard tersebut akan dibuat dengan bahan kulit dan memiliki fitur Bluetooth.

Sementara itu, untuk Realme Pencil memiliki sensitivitas tekanan mencapai level 4.096 dan touch sampling rate-nya 240Hz. Pensil tersebut juga mendukung penulisan miring hingga 60 derajat dan punya daya tahan baterai hingga 10,6 jam.

Kedua produk tersebut dijual terpisah, masing-masing seharga 4.999 rupee (940.597), untuk Realme Pencil dan 5.499 rupee (Rp 1,03 juta) untuk Smart Keyboard.

https://tekno.kompas.com/read/2022/07/27/14000087/realme-pad-x-5g-meluncur-bawa-fitur-mirip-ipad

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.