Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Melacak HP Android yang Hilang dengan Google Maps

Terlebih, banyak orang kini menyimpan banyak data penting di smartphone. Mulai dari agenda pekerjaan, percakapan penting dengan kerabat, teman, atau rekan kerja, hingga data pribadi yang ada di media sosial.

Risiko pencurian data pribadi juga berpeluang terjadi apabila smartphone hilang, apabila ponsel ditemukan atau digunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Kendati demikian, smartphone hilang masih bisa dilacak dengan memantaunya di Google Maps. Caranya adalah dengan memanfaatkan fitur "Find My Device" yang sebelumnya telah terpasang di perangkat.

Sesuai namanya, fitur ini mampu melacak lokasi terakhir smartphone menggunakan Google Maps sehingga dapat membantu pengguna menemukannya.

Tidak hanya bisa melacak lokasi smartphone, fitur "Find My Device" juga dapat mengunci dan menghapus data smartphone. Akan tetapi, fitur ini hanya bisa berfungsi apabila smartphone masih dalam keadaan aktif, baik daya maupun lokasi (GPS), serta terkoneksi internet.

Untuk lebih lengkapnya, berikut cara melacak HP Android yang hilang dengan Google Maps, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Slash Gear.

Demikian cara melacak smartphone Android yang hilang di Google Maps dengan memanfaatkan fitur Find My Device.

Seperti disebutkan di awal, fitur ini hanya bisa berfungsi apabila ponsel masih dalam keadaan aktif dan terkoneksi internet. Apabila ponsel dalam keadaan mati atau tidak terkoneksi, pengguna akan kesulitan melacaknya lewat Google Maps.

https://tekno.kompas.com/read/2022/08/07/13450097/cara-melacak-hp-android-yang-hilang-dengan-google-maps

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke