Salin Artikel

Puluhan Video Gameplay Diduga GTA 6 Bocor di Internet

KOMPAS.com - Proyek game ambisius garapan Rockstar Games, Grand Theft Auto 6 (GTA 6) diyakini tengah dalam pengembangan dan diprediksi bakal meluncur beberapa tahun ke depan.

Meski Rockstar belum mengumbar banyak detail tentang gake GTA VI ini, bocoran tentang  game ini belakangan santer beredar di dunia maya. Yang terbaru, seorang pengguna bernama "teapotuberhacker" membagikan sekitar 90 video gameplay GTA 6.

Puluhan video dengan total file berukuran 3 GB itu disebut-sebut hasil peretasan, dan disebut sebagai bocoran terbesar di industri game selama ini. Adapun video tersebut dibagikan di sebuah forum online yang membahas serba-serbi game franchise GTA, yakni GTA Forums.

Beberapa video yang sempat dibagikan dalam sebuah utas tersebut seakan mengonfirmasi sejumlah rumor GTA 6 yang sudah beredar selama ini.

Untuk karakter utama, misalnya, beberapa video menggambarkan bahwa pengguna kini bisa memainkan karakter berjenis kelamin perempuan untuk pertama kalinya di GTA VI.

Ini sejalan dengan rumor yang sebelumnya mengeklaim bahwa salah satu karakter GTA 6 adalah perempuan yang teinspirasi dari kisah cinta duo perampok populer Bonnie dan Clyde.

Bahkan dalam sebuah video, perempuan tersebut, yang konon bernama Lucia, juga terlihat tengah merampok sebuah restoran sembari menyandera beberapa pengunjung.

Bakal kembali ke GTA: Vice City?

Selain karakter Lucia, beberapa video juga menampilkan bahwa GTA 6 bakal memiliki seting tempat di Miami, Amerika Serikat. Informasi ini didapat lantaran sebuah video menunjukkan bahwa karakter tengah berada di kereta "Vice City Metro".

Hal ini juga turut mengonfirmasi kabar sebelumnya yang mengatakan bahwa setting tempat GTA VI bakal sama dengan game ikonik GTA: Vice City, yaitu di kota Miami.

Belum diketahui apakah bocoran puluhan video ini, yang digadang-gadang terbesar di sejarah industri game, asli atau tidak. Namun, beberapa pihak yang dekat dengan Rockstar Games menyebut bahwa video ini merupakan gameplay GTA VI betulan.

Adapun versi GTA VI yang tersiar di dalam puluhan video ini agaknya masih dalam versi uji coba. Sebab, video-video gameplay ini dihiasi dengan banyak informasi dan parameter yang mungkin berguna bagi para pengembang.

Kendati baru dibagikan belum lama ini, belum ada informasi kapan video-video gameplay GTA VI ini direkam pertama kalinya.

Namun mengingat orang yang menguji coba game ini memakai kartu pengolah grafis (VGA) Nvidia GeForce RTX 3060 Ti dan RTX 3080, maka video tersebut setidaknya sudah berumur sekitar dua tahun.

Di samping 90 video gameplay ini, pembocor teapotuberhacker juga mengatakan bahwa ia mungkin saja membagikan data terkait GTA 6 lainnya dalam waktu dekat.

Data-data ini mencakup kode inti game (source code) GTA V dan GTA VI, file media dan aset game, hingga beberapa versi uji coba game tersebut, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari TheVerge, Senin (19/9/2022).

Pihak Rockstar Games sendiri masih bungkam soal bocoran GTA 6 ini. Namun, Take-Two Interactive, perusahaan induk Rockstar Games, disebut tengah berupaya menghapus seluruh video gameplay GTA VI yang tersebar di media sosial, termasuk YouTube.

https://tekno.kompas.com/read/2022/09/19/12300007/puluhan-video-gameplay-diduga-gta-6-bocor-di-internet

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.