BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Oppo
Salin Artikel

Berkat Teknologi Super-Conductive VC Liquid Cooling System, Main Game di Oppo Reno8 5G Tetap Dingin

KOMPAS.com – Oppo Reno8 5G yang dirilis pada 15 Agustus 2022 menjadi salah satu perangkat teranyar keluaran Oppo yang dibekali spesifikasi dan fitur premium.

Selain dibekali teknologi kamera terkini untuk pemotretan berformat portrait, Oppo Reno8 5G juga memiliki kemampuan untuk menunjang aktivitas bermain game kekinian. Pasalnya, smartphone ini dibekali chipset flagship terkini dari MediaTek, yakni Dimensity 1300 5G.

Hal tersebut membuat Oppo Reno8 5G memiliki peningkatan performa ketimbang seri sebelumnya, yakni Reno7 5G. Dengan demikian, smartphone ini dapat memberikan pengalaman bermain game yang nyaman berkat peningkatan kemampuan prosesor yang lebih gesit.

Untuk diketahui, chipset Mediatek Dimensity 1300 5G mengusung fabrikasi 6 nanometer (NM). Chipset ini menjanjikan peningkatan performa central processing unit (CPU) sebesar 40 persen dan graphics processing unit (GPU) sebesar 160 persen ketimbang chipset pada Reno7 5G, yakni Dimensity 1200.

Dari segi konsumsi daya, Dimensity 1300 5G mampu mendorong efisiensi penggunaan energi baterai sebesar 20 persen ketimbang chipset seri sebelumnya.

Selain dibekali prosesor andal, Oppo Reno8 5G juga didukung layar active matrix organic light emitting diode (AMOLED) 6,4 inci beresolusi 2.400 × 1.080 piksel (full HD).

Layar tersebut memiliki refresh rate 90 Hertz (Hz) dan touch sampling rate 180 Hz yang dapat menghasilkan input responsif saat bermain game.

Dengan spesifikasi tersebut, layar Oppo Reno8 5G menunjang aktivitas pengguna untuk bermain game first-person shooter (FPS) yang membutuhkan pergerakan karakter lincah untuk menghindari tembakan lawan dan bereaksi lebih cepat, seperti PlayerUnknown's Battlegrounds (PUBG) Mobile.

Terdapat pula fitur 1.000Hz Ultra Respons Sentuh yang dapat meningkatkan waktu respons layar sentuh. Fitur ini memberikan pengguna keunggulan saat memerlukan aksi menembak dan aksi lainnya yang lebih cepat dalam bermain game daripada pemain lain. Saat ini, fitur ini hanya berlaku untuk game Wild Rift dan PUBG Mobile.

Selain itu, pengguna juga bisa mengatur tingkat kepekaan layar saat menerima input jari sesuai pengaturan terbaik.

Pengguna juga dapat mengatur banyak hal untuk mendukung sesi permainan dengan menggeser menu di sisi kiri layar ke arah kanan. Fitur pendukung permainan ini berisi beberapa pengaturan, seperti memblokir notifikasi, sistem monitoring, mengubah suara, serta mengaktifkan Game Focus Mode.

Super-conductive VC Liquid Cooling System

Saat memainkan game mobile terkini, prosesor smartphone bekerja keras untuk memaksimalkan performa CPU dan GPU. Hal ini kerap membuat suhu smartphone menjadi cepat panas (overheat).

Saat terjadi overheat, sistem pada smartphone akan memperlambat kinerja ponsel secara otomatis. Tujuannya, untuk mengendalikan panas agar tidak merusak komponen sensitif di dalam smartphone. Seperti diketahui, suhu panas smartphone dapat membuat perangkat menjadi lemot dan kurang responsif saat digunakan untuk bermain game.

Oleh karena itu, smartphone andal memiliki dukungan sistem pendinginan yang baik untuk menunjang performa saat bermain game, seperti yang dimiliki oleh Oppo Reno8 5G.

Jika Oppo Reno7 5G mengenalkan teknologi Multi Layer untuk disipasi panas yang baik, Oppo Reno8 5G mengusung teknologi Super-Conductive VC Liquid Cooling System. Sistem pendingin canggih ini dirancang khusus untuk menunjang performa chipset Mediatek Dimensity 1300 5G yang cepat.

Solusi pendingin baru dari Oppo itu menggunakan kombinasi grafit super konduktif dengan ukuran lebih besar.

Area pendinginannya meningkat 16,8 persen atau sekitar 2,5 kali lebih besar dan 1,5 kali lebih efisien ketimbang perangkat sebelumnya. Hal ini membuat penurunan suhu pada Reno8 5G menjadi lebih efektif.

Selanjutnya, frame bagian tengah Oppo Reno8 5G mengandalkan material super-conductive aluminum alloy yang menghadirkan daya konduksi lebih optimal.

Hasilnya, suhu Oppo Reno8 5G tetap aman dan kinerjanya selalu stabil saat digunakan untuk memainkan game kekinian yang membutuhkan kinerja cukup berat, seperti PUBG Mobile, Free Fire, serta Mobile Legends.

Tak lupa, perangkat teranyar Oppo itu juga didukung fitur pengisian daya cepat terkini, yakni teknologi 80W SuperVOOC. Dengan fitur ini, pengguna hanya membutuhkan waktu 11 menit untuk mengisi daya sebanyak 50 persen. Saat pengguna melakukan aktivitas lain, Oppo Reno8 5G sudah siap dipakai main game lagi berkat pengisian daya yang cepat.

Untuk informasi dan pemesan OPPO Reno8 Series, kamu bisa lihat tautan ini.

https://tekno.kompas.com/read/2022/09/19/17450067/berkat-teknologi-super-conductive-vc-liquid-cooling-system-main-game-di-oppo

Bagikan artikel ini melalui
Oke