Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Status Pesan Terkirim di Google Message Dibuat Makin Mirip WhatsApp

RCS sendiri bekerja seperti aplikasi pesan instan semisal WhatsApp. RCS dikirim menggunakan data, bukan SMS dan memiliki tanda/status pesan yang sudah terkirim dan terbaca.

Nah, sebelumnya, indikator dari pesan di Google Message menggunakan kata “Delivered” di bawah gelembung pesan (bubble chat) yang dikirim. Saat pesan sudah dibaca, notifikasi akan tertulis “Read”.

Tanda atau status pesan seperti ini sebenarnya tidak hanya digunakan oleh WhatsApp. Di aplikasi perpesanan Signal, status pesan yang dikirim juga ditampilkan dalam bentuk ceklis. Begitu pula di Telegram.

Nah, Google tampaknya ingin menggunakan tanda atau status pesan yang lebih familer di antara pengguna ketimbang menggunakan kata "delivered" dan "read".

Adapun status pesan terkirim akan muncul berupa centang dalam lingkaran. Simbol centang di satu lingkaran menandakan pesan terkirim, centang di dua lingkaran artinya pesan sudah diterima penerima, dan centang di dua lingkaran yang berwarna, tandanya pesan sudah terbaca.

Tanda atau status pesan dalam bentuk centang tersebut berlaku untuk chat personal dan grup. 

Perubahan yang dilakukan cukup serupa dengan platform perpesanan instan lainnya, salah satunya WhatsApp. Indikator status pesan yang terkirim dan terbaca juga diketahui dari jumlah centang dan warna yang muncul.

Dihimpun KompasTekno dari 9to5Google, Kamis (3/11/2022), penggunaan centang sebagai indikator pesan terkirim dan terbaca memang lebih umum digunakan.

Kendati demikian, belum diketahui kapan Google akan merilis tampilan baru tersebut secara merata ke semua pengguna Google Messages. Kemungkinan tampilan tanda atau status chat baru di Google Messages ini akan dirilis dalam beberapa waktu ke depan.

https://tekno.kompas.com/read/2022/11/03/17030037/status-pesan-terkirim-di-google-message-dibuat-makin-mirip-whatsapp

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke