Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tentukan Pilihanmu
0 hari menuju
Pemilu 2024
Salin Artikel

[POPULER TEKNO] Perseteruan Elon Musk Vs Apple | Penyebab Layar Ponsel Bewarna Ungu | Menanti Tablet Oppo Pad Air di Indonesia

Lewat akun Twitter pribadinya, Musk meluapkan amarahnya terhadap Apple. Bukan cuma itu, Musk juga sesumbar siap membuat ponsel sendiri apabila Twitter diblokir Apple di App Store, atau Google Play Store sekalipun.

Berita soal Elon Musk vs Apple menjadi salah satu yang paling banyak dibaca pembaca KompasTekno sepanjang Selasa (29/11/2022). Lantas, berita teknologi apa saja yang juga menjadi sorotan pembaca? Berikut rangkuman berita populer KompasTekno sepanjang Selasa (29/11/2022).

Elon Musk ancam ke Apple

Salah satu hal yang memicu amarah Musk ke Apple adalahsoal iklan dan moderasi konten di Twitter. Lewat beberapa twit yang diunggah akun pribadinya, @elonmusk, dia mempertanyakan apakah Apple membenci kebebasan berbicara di Amerika Serikat sehingga menghentikan sebagian besar iklannya di Twitter.

Padahal, Apple adalah salah satu pengiklan terbesar Apple. The Washington Post menyebutkan, Apple menghabiskan 48 juta dollar AS atau setara 755,6 miliar untuk beriklan di Twitter pada kuartal I (Januari-Maret) 2022 saja.

Selain Apple, Twitter disebut telah kehilangan setengah dari 100 pengiklan teratasnya semenjak dibeli oleh Elon Musk.

Bukan cuma itu yang membuat Musk geram kepada Apple. Hal lain yang membuat Musk berseteru dengan Apple bisa disimak di artikel "Elon Musk Marah-marah dan Ancam Apple di Twitter, Ada Apa?".

Elon Musk siap bikin HP sendiri

Masih soal Musk dan Apple. Musk yang dikenal "royal", sesumbar akan membuat ponsel sendiri apabila Twitter diblokir di Apple App Store atau Google Play Store suatu saat nanti.

Hal tersebut dia ungkapkan saat menanggapi pernyataan dari podcaster dan pembawa acara Liz Wheeler. Menurut Wheeler, Elon Musk mungkin harus membuat ponsel sendiri jika Twitter diblokir dari dua toko aplikasi populer tersebut, karena konsep "kebebasan bicara" yang diusung Musk masih cukup kontroversial.

Menanggapi pernyataan Wheeler, Musk mengatakan dia akan membuat alternatif ponsel, meskipun dia berharap Google dan Apple tidak menghapus Twitter dari toko aplikasinya.

Wheeler kemudian membuat polling yang menanyakan warganet apakah mereka akan memakai "tELONphone", istilah yang digunakan Wheeler untuk menyebut ponsel alternatif bikinan Elon Musk.  Bagaimana hasil dari polling tersebut? Jawabannya ada di artikel "Elon Musk Mau Bikin HP Sendiri Jika Twitter Diblokir Google dan Apple".

Pendaftaran peminat tablet Oppo Pad Air di Indonesia dibuka

Oppo memastikan bakal merilis tablet Oppo Pad Air di Indonesia dalam waktu dekat. Oppo Pad Air dijadwalkan bisa dipesan di Tanah Air mulai awal Desember mendatang. Kendati begitu, Oppo belum mengungkap tanggal pastinya.

Menjelang bulan Desember, Oppo pun membuka keran pendaftaran bagi peminat Oppo Pad Air. Peminat tablet Oppo Pad bisa mengisi formulir pendaftaran melalui link berikut.

Lewat link tersebut, peminat Oppo Pad Air perlu mengisi informasi terkait nama lengkap, nomor handphone, alamat e-mail, dll. Lalu, klik "Daftar". Dengan mendaftarkan diri, konsumen bakal menjadi orang pertama yang mengetahui informasi terbaru soal tablet Oppo Pad Air incarannya. Terutama informasi soal tanggal pemesanannya.

Apabila ingin memesan, tidak ada salahnya untuk mengintip spesifikasi Oppo Pad Air terlebih dahulu di artikel "Oppo Buka Pendaftaran Peminat Tablet Oppo Pad Air di Indonesia, Ini Link-nya".

Aplikasi foto Lensa AI yang ramai di Instagram

Instagram kembali diramaikan dengan tren foto baru, yakni menggunakan aplikasi bernama Lensa.ai. Lensa.ai memungkinkan pengguna mengedit foto menggunakan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI).

Foto yang diedit dengan Lensa.ai akan berubah seperti foto animasi, foto yang dilukis di kanvas, dan beberapa aksen lain yang bisa mengubah foto 180 derajat berbeda dari foto orisinalnya.

Aplikasi Lensa.ai dikembangkan oleh PRISMA. Cara mengedit foto di Lensa.ai bisa disimak di artikel "Ramai Foto Lensa AI di Instagram, Begini Cara Bikin Gratis".

Penyebab layar ponsel berubah warna jadi ungu

Salah satu keluhan pengguna smartphone adalah layar yang rentan rusak. Misalnya layar yang berubah menjadi warna ungu, seperti yang dikeluhkan beberapa pengguna di media sosial belakangan ini.

Layar ponsel yang berubah menjadi ungu mengindikasikan bahwa terjadi kerusakan di komponennya. Kerusakan tersebut berupa layar retak di bagian dalam dan cairan (liquid) pada panel merembes ke permukaan.

Cairan yang merembes akhirnya membuat panel layar berwarna ungu. Keretakan layar di bagian dalam dan membuat cairannya merembes itu bisa disebabkan oleh beberapa faktor.
Lalu, apa penyebabnya? Penjelasannya ada di artikel "Ramai di Twitter Layar HP Tiba-tiba Berubah Jadi Ungu, Apa Sebabnya?".

https://tekno.kompas.com/read/2022/11/30/07000077/-populer-tekno-perseteruan-elon-musk-vs-apple-penyebab-layar-ponsel-bewarna

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke