Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Instagram Notes Diumumkan, Fitur Update Status 60 Karakter

Salah satu fitur yang bisa dibilang paling menarik adalah Notes. Dengan fitur ini, pengguna bisa mengunggah postingan status sederhana yang hanya berisikan teks dan emoji dengan jumlah maksimal 60 karakter.

Sebelumnya, fitur Instagram Stories sebenarnya bisa membuat postingan yang berisi teks dan emoji, selain postingan berisi foto atau video.

Bedanya di Notes, fitur tersebut tidak akan melibatkan foto atau video, dan pengguna hanya bisa memakai teks atau emoji dengan jumlah karakter terbatas, layaknya unggahan di media sosial Twitter.

Nantinya, unggahan Notes hanya akan muncul di laman "Direct Message" (DM), tepatnya di atas deretan daftar orang yang sedang kita DM.

Jika dibayangkan, bentuk status yang diunggah dengan Notes ini sebenarnya mirip Instagram Stories. Bedanya, status Notes akan menampilkan teks dan emoji yang ditulis pengguna tepat di atas foto profil alias avatar pengguna yang berbentuk elips. 

Hal pembeda lainnya adalah status Notes hanya akan bisa dilihat di halaman DM, bukan di halaman utama (timeline) seperti Instagram Stories.

Untuk membuat postingan Notes, pengguna cukup pergi ke halaman DM dengan cara mengeklik ikon "pesawat kertas" atau mengusap (swipe) layar ke kanan di tampilan timeline Instagram.

Lalu, pengguna cukup mengeklik ikon "+" yang ada di kanan atas foto profil mereka (yang dilabeli dengan "Leave a note"), menulis isi Notes, dan memilih siapa saja yang bisa melihat postingan Notes tersebut.

Ketika berhasil diunggah, respons pengguna yang membalas postingan Notes ini akan masuk ke dalam pesan DM, sama seperti balasan dari postingan Instagram Stories.

Candid Stories, Add Yours Nomination, Group Profiles, dll

Selain Notes, Instagram juga mengumumkan fitur Candid Stories yang memungkinkan pengguna membagikan kegiatan terkini mereka dari kamera depan dan belakang. Fitur ini mirip dengan postingan yang diunggah dari media sosial kompetitor BeReal.

Lalu, Instagram juga menambahkan fitur ekstra ke dalam fitur utama Add Yours, yaitu tombol "Pass it on". Tombol ini akan muncul di bagian bawah postingan "Add Yours".

Ketika dipakai, pengguna bisa memilih dan meminta teman-teman mereka di Instagram untuk mengunggah postingan "Add Yours" versi mereka dengan tema yang sesuai.

Di samping fitur-fitur di atas, Instagram juga memperkenalkan Group Profiles. Fitur ini memungkinkan pengguna membuat sebuah grup yang bisa menampung postingan foto atau video dari seluruh anggota grup di dalam satu Instagram Feed.

Ada pula Collaborative Collections, suatu fitur yang memungkinkan pengguna menyimpan atau membagikan postingan orang lain, tanpa menghilangkan nama akun Instagram orang yang mengunggah postingan tersebut.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari laman resmi Facebook AboutFB, Rabu (14/12/2022), fitur Notes sudah digelontorkan Instagram secara global mulai hari ini.

Sedangkan fitur lainnya macam Candid Stories, Add Yours Nomination, Group Profiles, dan Collaborative Collection kini tengah diuji coba, sebelum nantinya diluncurkan ke publik.

Pantauan KompasTekno Rabu pagi, kami sudah bisa menjajal fitur Notes di aplikasi Instagram Android versi 264.0.0.0.77.

Jika Anda belum bisa menemukan fitur Notes di halaman DM, maka Anda harus memperbarui aplikasi Instagram melalui toko aplikasi di smartphone masing-masing.

Apabila belum dapat juga, maka Anda harus bersabar sedikit, lantaran fitur ini sejatinya bakal hadir ke pengguna global secara bertahap.

https://tekno.kompas.com/read/2022/12/14/08460067/instagram-notes-diumumkan-fitur-update-status-60-karakter

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke