Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ketika Samsung Galaxy Z Flip 4 Disiksa, Rekam Video 4K Sepanjang HITC Jakarta 2022...

KompasTekno pun berkesempatan seru-seruan dan menikmati penampilan banyak musisi di HITC Jakarta 2022 selama dua hari. Sebut saja penampilan dari Mili, Zico, Joji, Niki, Rich Brian, Chungha, Bibi, eaJ (Jae Park), hingga Jackson Wang.

Selama dua hari, kami mengabadikan tiap momen dan penampilan para musisi di HITC Jakarta menggunakan ponsel lipat Samsung Galaxy Z Flip 4 5G. Salah satu fitur yang sangat kami andalkan adalah mode perekaman resolusi tinggi (high-resolution) 4K di 60 fps.

Lantas, bagaimana performa Samsung Galaxy Flip 4 ketika "disiksa" dengan cara digunakan untuk merekam 4K di konser HITC Jakarta?

Ini dikarenakan, di sektor kamera, Samsung Galaxy Z Flip 4 telah dibekali kamera utama dua kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 12 MP (f/1.8) dan kamera ultrawide 12 MP (f/2.2). Di bagian depan, ada kamera selfie 10 MP (f/2.4).

Kamera tersebut juga dilengkapi dengan penstabil gambar optis (OIS) dan elektronik (VDIS) yang ditingkatkan dari ponsel lipat Galaxy Z Flip 3 (2021).

Dengan kamera yang memiliki OIS dan VDIS, ditambah dengan tangan kami yang cukup stabil, tak heran bila hasil video 4K yang kami ambil bisa tajam dan stabil.

Samsung Galaxy Z Flip 4 juga memiliki fitur Super Steady yang bisa digunakan pengguna, terutama yang memiliki tangan tremor, untuk menstabilkan gambar video dari guncangan saat video tersebut direkam.

Selama merekam penampilan Zico, Rich Brian, Niki dkk, kami memilih hanya menggunakan perbesaran dari rentang 1x hingga paling maksimal 4x saja agar kualitas video tidak terlalu banyak noise.

Sebenarnya Galaxy Z Flip 4 bisa merekam video hingga perbesaran 10x. Namun, sepengalaman KompasTekno, bila menggunakan perbesaran di atas 4x, video akan semakin terlihat memiliki noise, terutama saat merekam di malam hari.

Sepengalaman KompasTekno, video 4K berdurasi 6 menit yang kami rekam memiliki ukuran 3 GB. Contoh lain, video 4K berdurasi sekitar 1 menit besarnya mencapai 600 MB, sedangkan video 4K berdurasi sekitar 3 menit sebesar 1,75 GB.

Lantas, bagaimana dengan kapasitan penyimpanan internal Galaxy Z Flip 4 selama dibawa ke konser HITC Jakarta 2022?

Samsung Galaxy Z Flip dibekali dengan kapasitas RAM 8 GB dan penyimpanan media 128 GB.

Selama konser HITC, total rekaman video dan jepretan foto yang kami ambil besarnya bisa mencapai 91 GB tiap harinya.

Jadi, dengan penyimpanan media Galaxy Z Flip 4 yang mencapai 128 GB, cukup untuk dipakai merekam video 4K dan memotret keseruan di festival musik HITC Jakarta 2022 untuk satu hari.

Di hari kedua, kami perlu mencadangkan data terlebih dahulu agar kapasitas penyimpanan siap kembali digunakan untuk mengabadikan seluruh momen di HITC Jakarta.

Selama konser HITC Jakarta, Galaxy Z Flip 4 mampu bertahan selama kurang lebih 6 jam ketika dipakai untuk merekam 4K dan foto-foto secara non-stop.

Jadi, kami tetap perlu mencolokkan Galaxy Z Flip 4 ke powerbank untuk mengisi daya dan lanjut mengabadikan festival musik HITC Jakarta yang berlangsung selama kurang lebih 10 jam.

Namun, jika Galaxy Z Flip 4 digunakan merekam bukan dalam mode 4K dan tidak terus-menerus kemungkinan besar baterainya akan bertahan sepanjang konser tanpa perlu bantuan powerbank.

Selama digunakan untuk merekam 4K, Samsung Galaxy Z Flip 4 tidak mengalami lag dan tetap lancar digunakan. Namun, saat digunakan untuk merekam di bawah sinar matahari, perangkat sempat mengalami panas.

Selama menggunakan Galaxy Z Flip 4, kami paling senang dan paling sering sering dipakai menggunakan mode merekam ala handycam di konser musik HITC Jakarta 2022. Caranya, kami hanya tinggal menekuk Galaxy Z Flip 4 saja, lalu memegangnya secara horizontal sehingga menyerupai camcorder.

https://tekno.kompas.com/read/2022/12/14/16000077/ketika-samsung-galaxy-z-flip-4-disiksa-rekam-video-4k-sepanjang-hitc-jakarta

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke