Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Menambahkan Chat WhatsApp atau DM IG di Postingan Instagram, Cocok Buat UMKM

Tujuannya adalah agar followers (pengikut) yang mampir ke profilnya, bisa langsung mengeklik tautan tersebut, baik itu tautan ke chat WhatsApp Business, marketplace toko, atau website resmi.

Namun, ada fitur lain yang bisa semakin mempermudah followers menghubungi kreator atau pebisnis kecil. Fitur itu adalah menautkan link chat ke WhatsApp Business atau direct message (DM) IG di setiap postingan Instagram.

Jadi, setiap postingan Instagram akan dibubuhi tombol yang bisa langsung diklik followers untuk mengirim pesan WhatsApp Business atau DM IG ke kreator. Sehingga, followers tidak perlu membuka laman profil terlebih dahulu jika tertarik dengan produk tersebut. Kurang lebih gambarannya seperti foto ilustrasi di atas.

Nah, lalu bagaimana caranya? Sebelum masuk ke tutorial, perlu diperhatikan bahwa cara menambahkan chat WhatsApp atau DM IG di postingan Instagram membutuhkan syarat khusus.

Baik akun Instagram maupun WhatsApp yang ditautkan, harus akun bisnis. Untuk membuat atau mengubah akun Instagram dari personal ke bisnis, bisa menyimak tutorial di artikel "Cara Mengubah Akun Instagram Pribadi Jadi Instagram Business".

Sementara untuk beralih ke akun WhatsApp Business, bisa menyimak langkah-langkahnya di artikel "Cara Mengubah WhatsApp Biasa ke Akun WhatsApp Business".

Cara menambahkan chat WA di postingan Instagram

Secara umum, cara menambahkan chat WhatsApp di postingan Instagram, sama persis dengan menambahkan tautan DM IG. Namun, pengguna perlu menambahkan kontak WhatsApp bisnis terlebih dahulu, berikut caranya:

Perlu diingat, pengaturan ini hanya berlaku untuk satu postingan saja, bukan diterapkan untuk semua postingan sekaligus secara otomatis. Artinya, apabila ingin menyematkan tautan ke chat WhatsApp atau DM IG di masing-masing postingan, harus dilakukan secara manual satu per satu.

Nah, demikian cara menambahkan chat WhatsApp atau DM IG ke postingan Instagram. Nantinya, followers cukup mengeklik tombol "send message-WhatsAPp" atau "send message-Instagram". Selamat mencoba!

https://tekno.kompas.com/read/2023/01/07/18000017/cara-menambahkan-chat-whatsapp-atau-dm-ig-di-postingan-instagram-cocok-buat

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke