Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Spotify Rilis "DJ", Fitur Kecerdasan Buatan dari Pembuat ChatGPT

Fitur DJ dapat membuat daftar putar alias playlist yang mengikuti selera musik pengguna. DJ Spotify didukung kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) dari perusahaan pembuat ChatGPT, OpenAI.

Dalam situs resminya, Spotify mengumumkan fitur DJ berbasis AI ini hadir untuk melengkapi fitur personalisasi yang selama ini menjadi "inti" dari layanan Spotify.

Untuk saat ini, fitur DJ Spotify diluncurkan dalam versi beta untuk pengguna aplikasi Spotify premium di Amerika Serikat dan Kanada.

Nantinya, pengguna akan melihat fitur DJ di bagian Music Feed di Home. Ketika diklik, pengguna akan disapa oleh suara AI berbahasa Inggris. Model suara itu didasarkan pada salah satu eksekutif Spotify, yaitu Xavier “X” Jernigan.

Xavier pernah menjadi pembawa acara di "The Get Up", acara yang mirip radio pagi tapi dengan musik yang sesuai selera pengguna.

Selanjutnya, DJ akan otomatis memainkan lagu yang sesuai selera pengguna. DJ juga akan memberikan komentar tentang lagu sebelum dan sesudah diputar.

Menurut Spotify, lagu yang diputar oleh DJ yang berbasis AI itu dipilih berdasarkan musik yang sedang digandrungi atau musik terbaru yang mungkin sesuai selera pengguna.

Tak hanya itu, DJ AI Spotify juga memilih musik berdasarkan lagu favorit pengguna yang sudah tak didengarkan selama bertahun-tahun.

"Fitur ini kemudian akan meninjau apa yang mungkin Anda nikmati dan memutar lagu yang dipilih hanya untuk Anda. Fitur ini juga terus memperbarui lineup berdasarkan feedback Anda," tulis Spotify.

Lagu-lagu itu akan diputar secara otomatis. Pengguna bisa memberikan umpan balik dari daftar putar yang disajikan oleh DJ. Bila tidak menyukai lagi yang diputar, pengguna bisa mengetuk kembali tombol DJ untuk memperbaru playlist.

Cara menggunakan DJ berbasis AI di Spotify

Berikut cara menggunakan fitur baru DJ Spotify berbasis AI, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari laman Spotify Newsroom, Kamis (23/2/2023).

  • Buka aplikasi Spotify di ponsel iOS atau Android.
  • Buka Musik Feed di Home.
  • Ketuk "Play" pada bagian DJ.
  • DJ akan memutarkan playlist yang disesuaikan dengan selera pengguna.
  • DJ juga akan memberikan komentar singkat tentang lagu dan artis, yang dipilih khusus untuk pengguna.
  • Bila kurang sreg dengan lagu yang diputar, klik tombol DJ di kanan bawah layar untuk menikmati genre, artis, atau mood musik yang berbeda.

Belum ada informasi lebih lanjut soal ketersediaan fitur DJ di wilayah lain, termasuk Indonesia.

https://tekno.kompas.com/read/2023/02/23/10010017/spotify-rilis-dj-fitur-kecerdasan-buatan-dari-pembuat-chatgpt-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke