Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Rekam Video 4K Konser Suga BTS Pakai Galaxy S23 Ultra, Storage Aman Hasil Gak Ada Lawan

KompasTekno pun berkesempatan seru-seruan dan menikmati penampilan Suga pada hari pertama konser, 26 Mei 2023. Konser solo Agust D ini berlangsung selama kurang lebih dua jam, mulai sekitar pukul 19.00 hingga 21.00 WIB. Kami berada di area festival, tepatnya di CAT 1A.

Sepanjang konser, Kami mengabadikan tiap momen dan penampilan Min Yoongi (nama asli Suga) menggunakan Samsung Galaxy S23 Ultra 5G varian RAM 12 GB dan storage 512 GB. Kami mengandalkan perekaman resolusi tinggi (high-resolution) 4K (UHD) dengan frame rate 30 dan 60 fps.

Lantas, bagaimana performa Samsung Galaxy S23 Ultra 5G ketika "disiksa" dengan cara digunakan untuk merekam 4K sepanjang konser SUGA | Agust D D-Day in Jakarta?

Video tajam, terang, dan stabil

Sepengalaman kami, mode perekaman 4K di 30/60 fps pada Samsung Galaxy S23 Ultra menghasilkan video yang tajam dan stabil, baik saat siang atau pun malam hari.

Bisa dibilang, kamera depan atau kamera belakang S23 Ultra nggak ada yang gagal.

Ini dikarenakan, Galaxy S23 Ultra dibekali total lima kamera. Satu kamera depan beresolusi 12 MP (f/2.2). Kemudian, ada empat kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 200 MP (f/1.7), kamera ultrawide 12 MP (f/2.2), kamera telefoto 10 MP (f/2.4, 3x optical zoom), kamera telefoto 10 MP (f/2.4, 10x optical zoom).

Dengan kamera yang memiliki OIS dan VDIS, ditambah dengan tangan kami yang cukup stabil, tak heran bila hasil video 4K yang kami ambil bisa tajam dan stabil. Meski, kami merekamnya hanya bermodal topangan tangan dan sambil berjoget "tipis" mengikuti irama musik.

Samsung Galaxy S23 Ultra 5G juga memiliki fitur Super Steady yang bisa digunakan pengguna, terutama yang memiliki tangan tremor, untuk menstabilkan gambar video dari guncangan saat video tersebut direkam.

Sepengalaman kami, merekam dengan Galaxy S23 Ultra juga terasa mudah karena tinggal "ready and shoot", tanpa pengaturan yang menjelimet.

Kami tinggal membuka aplikasi kamera, klik mode video, dan klik tombol shutter. Hal lain yang kami suka dari Galaxy S23 Ultra adalah kemampuan fokus kamera yang cepat.

Selama merekam penampilan Suga di atas panggung, kami menggunakan kamera utama 200 MP (zoom 1x) untuk merekam suasana panggung dan penonton dalam bidang yang luas (wide). Hasilnya, fancam memiliki kualitas HD alias jernih dan terang.

Selain itu, kami juga banyak mengandalkan dua kamera telefoto Samsung S23 Ultra untuk merekam Suga dengan lebih dekat.

Caranya cukup mudah, ketika sudah masuk ke mode video, pengguna tinggal klik layar. Nanti muncul ikon matahari. Nah, gesera ikon matahari ke arah kiri untuk menurunkan exposure.

Pengguna juga bisa mengunci fokus dengan mengeklik tombol kunci yang muncul bersamaan dengan ikon matahari. Fungsinya agar kamera selalu fokus pada obyek yang sedang direkam, sekalipun obyek itu bergerak.

Fitur perekaman video di kamera Galaxy S23 Ultra sebenarnya sudah cukup dan memudahkan untuk merekam fancam konser. Karena setting videonya dilakukan otomatis, pengguna hanya perlu mengatur fokus dan exposure tadi.

Namun, pengguna juga bisa merekam fancam video dengan mode pro, menggunakan fitur "Pro-Video". Semua pengaturan perekaman video di mode Pro-Video dilakukan secara manual oleh pengguna. Mulai dari setting ISO, shutter speed, EV, white balance, mikrofon.

Sepengalaman KompasTekno, video 4K 30 fps berdurasi 4 menit yang kami rekam memiliki ukuran 1,5 GB. Sementara video 4K 60 fps berdurasi 3 menit memiliki ukuran 1,43 GB. Contoh lainnya, untuk video 4K 30 fps berdurasi 1 menit-an memiliki ukuran sekitar 300-500 MB.

Lantas, bagaimana dengan kapasitan penyimpanan internal Galaxy S23 Ultra selama dibawa ke Agust D Tour in Jakarta?

Samsung Galaxy S23 Ultra yang kami pakai memiliki kapasitas RAM 12 GB dengan penyimpanan media (storage) 512 GB.

Selama kurang lebih 2 jam menyaksikan Agust D manggung, kami mengabadikan lebih dari 500 foto dan video dengan ukuran file lebih dari 50 GB. Jadi, penyimpanan media Galaxy S23 Ultra aman untuk dipakai merekam video 4K dan memotret keseruan konser Suga.

Di Indonesia, Samsung Galaxy S23 Ultra juga hadir dalam varian memori lain, sebagai berikut:

Selama konser Suga, Samsung S23 Ultra mampu bertahan selama kurang lebih 6 jam ketika dipakai untuk merekam 4K dan foto-foto secara non-stop. Mulai kami datang ke ICE BSD sekitar pukul 15.00 hingga konser selesai sekitar pukul 21.00 WIB.

Kami baru mengisi daya dengan mencolokkan Galaxy S23 Ultra ke powerbank saat keluar dari arena konser dan menuju rumah.

Selama digunakan untuk merekam 4K, Samsung Galaxy S23 Ultra tidak mengalami lag atau perangkat panas. Jadi, ponsel ini nyaman ketika digunakan untuk merekam fancam konser. Namun, memang pengguna harus terbiasa dengan bodi ponsel yang bongsor dan bobot Galaxy S23 Ultra yang cukup berat.

Seluruh hasil fancam konser SUGA | Agust D TOUR di Jakarta Day 1 bisa disaksikan lewat highlight Instagram @teknokompas atau lewat TikTok @kompastekno.

https://tekno.kompas.com/read/2023/05/29/19300067/rekam-video-4k-konser-suga-bts-pakai-galaxy-s23-ultra-storage-aman-hasil-gak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke