Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[POPULER TEKNO] - Segera Hapus, 101 Aplikasi Android Ini Mengandung Spyware | 108 HP Xiaomi Lawas yang Tak Lagi Dapat Update

Berita terpopuler lainnya adalah soal peluncuran smartphone Realme C53 yang memiliki punggung serupa iPhone 14 Pro. Selain desainnya yang mirip ponsel "flagship", Realme C53 juga dibanderol dengan harga murah.

Ada pula berita lain soal ratusan HP Xiaomi lawas yang tidak lagi akan mendapatkan pembaruan (update). Apa saja? Selengkapnya, berikut rangkuman berita teknologi populer di KompasTekno.

101 Aplikasi Android mengandung spyware

Pengembang antivirus Dr.Web menemukan sebanyak 101 aplikasi Android, disusupi spyware atau software yang bisa memata-matai dan mencuri data pengguna.

Modul software tersebut diketahui bernama "Android.Spy.SpinOk". Sebanyak 101 aplikasi yang ditemukan Dr. Web ini sekilas tampak "baik-baik" saja. Namun, ketika salah satu dari deretan aplikasi tersebut diinstal, modul "Android.Spy.SpinOk" yang disisipkan di aplikasi itu akan mulai bekerja.

Cara kerjanya, modul "Android.Spy.SpinOk" pertama-tama didistribusikan dalam bentuk software development kit (SDK) untuk keperluan pemasaran (marketing). Informasi selengkapnya bisa disimak di artikel "Hati-hati, 101 Aplikasi Android Ini Mengandung Spyware Pencuri Data Pengguna".

Realme meluncurkan ponsel terbarunya, Realme C53, di pasar Malaysia pada Rabu (31/5/2023). Menilik desain dan spesifikasinya, smartphone entry-level ini serupa dengan Realme Narzo N53 yang menyambangi pasar India bulan Mei lalu.

Perbedaan utamanya, varian Realme C53 yang paling dasar hadir dengan kombinasi RAM dan media penyimpanan (storage) 6 GB/128 GB. Sementara itu, varian termurah Realme Narzo N53 membawa RAM dan storage 4 GB/64 GB.

Spesifikasi selengkapnya bisa disimak di artikel "Realme C53 Resmi Meluncur, Punggungnya Mirip iPhone 14 Pro".

Penipu online memiliki berbagai cara untuk dapat memperdaya pengguna atau korban, salah satunya dengan memakai foto profil palsu. Belakangan ini, marak beredar penipuan online atau scam lowongan kerja.

Penipu membagikan scam lowongan kerja dengan bergaya seolah-olah seperti pihak dari perusahaan resmi. Dalam melancarkan aksi seperti ini, penipu tak jarang memakai foto profil palsu yang didapatkan dari hasil mencuri foto profil milik pengguna lain.

Bila modusnya sudah seperti itu maka foto profil di berbagai platform, termasuk WhatsApp (WA), wajib buat dijaga agar tidak dicuri penipu buat melakukan aksi kejahatan seperti penipuan lowongan kerja.

Di WhatsApp sendiri, pengguna sejatinya dapat mengatur foto profil agar tidak dilihat dan diakses oleh orang lain. Untuk menghindari pencurian foto profil oleh penipu, bisa menyimak artikel berikut "Cara Mengatur Foto Profil WhatsApp agar Tidak Mudah Dicuri Penipu buat Scam".

Firma riset pasar smartphone Canalys, mempublikasi laporan berisi daftar 15 smartphone "mahal" alias flagship paling laris pada kuartal-I 2023 (Q1 2023).

HP mahal yang dimaksud di sini adalah smartphone premium yang dijual dengan banderol harga 500 dollar AS ke atas atau setara Rp 7,4 juta dan lebih mahal.

Ada empat vendor yang berhasil masuk ke dalam daftar ini, seperti Apple, Samsung, Xiaomi, dan Huawei. Namun, mayoritas HP mahal yang paling laris merupakan bikinan Apple dan Samsung, masing-masing 6 model.

Berdasarkan data Canalys, HP mahal nomor satu paling laris di dunia pada periode Januari-Maret 2023 adalah iPhone 14 Pro Max. iPhone 14 Pro dan iPhone 14 menjadi HP mahal terlaris nomor dua dan tiga dalam daftar.

Daftar selengkapnya bisa disimak di artikel "15 Smartphone Flagship Paling Laris Awal 2023".

108 HP lawas Xiaomi yang tidak lagi mendapat update

Ratusan ponsel lawas Xiaomi tidak akan lagi mendapat update (pembaruan). Sebab, hardware ponsel-ponsel itu disebut tidak lagi bisa mendukung fitur-fitur teranyar, sebagaimana smartphone Xiaomi yang baru.

Setidaknya, ada 108 ponsel lawas Xiaomi yang tidak akan lagi mendapat update. Rincian smartphone yang tidak lagi mendukung pembaruan Xiaomi tercantum dalam daftar EOS (End of support) di situs resmi vendor ponsel China itu.

Beberapa di antaranya adalah Redmi 8, Poco X3, hingga Xiaomi 10 Lite. Daftar selengkapnya bisa disimak di artikel "Ratusan HP Xiaomi Lawas Ini Tak Lagi Dapat Update".

https://tekno.kompas.com/read/2023/06/05/06482247/populer-tekno-segera-hapus-101-aplikasi-android-ini-mengandung-spyware-108-hp

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke