Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

10 Produk yang Dirilis Apple di WWDC 2023

KOMPAS.com - Ajang tahunan Worldwide Developer Conference atau WWDC 2023 baru saja digelar Apple pada Selasa dini hari (6/6/2023). Seperti ajang di tahun-tahun sebelumnya, pada WWDC 2023, Apple juga memperkenalkan beberapa produk terbarunya.

Lantas, apa saja yang dirilis di WWDC 2023? Setidaknya terdapat 10 produk yang dirilis Apple di WWDC 2023. Produk-produk itu meliputi Macbook Air pertama dengan bentang layar 15 inci, serta Mac Studio dan Mac Pro terbaru yang dibekali chip M2 Ultra.

Di WWDC 2023, tak ketinggalan pula Apple merilis sistem operasi terbaru untuk beberapa gadget, salah satunya adalah iOS 17. Selain produk-produk itu, terdapat satu produk baru yang bisa dibilang cukup menyita perhatian publik.

Adapun produk itu adalah Vision Pro, perangkat headset augmented reality (AR). Bila tertarik untuk mengetahui lebih lanjut apa saja yang dirilis Apple di WWDC 2023, silakan simak daftarnya di bawah ini.

Macbook Air yang diperkenalkan di WWDC 2023 merupakan seri Macbook Air pertama yang dibekali layar berbentang 15 inci. Macbook Air ini dibekali dengan layar 15,3 inci Retina Display dan chip Apple M2.

Macbook Air 15 inci didukung dengan koneksi Magsafe, USB tipe C, dan jack audio. Macbook Air 15 inci sudah bisa dipesan sekarang, tetapi baru mulai tersedia di pasar pada 13 Juni mendatang. Macbook Air 15 inci dibanderol mulai sekitar Rp 19 juta.

Apple turut merilis chip terbaru untuk desktopnya, yaitu chip M2 Ultra, model tertinggi dari seri chip M2 yang telah dirilis sejak pertengahan tahun lalu. Chip ini dirancang dengan teknologi fabrikasi 5 nm dan diklaim 20 persen lebih cepat dibanding M1 Ultra.

Apple memboyong M2 Ultra yang baru dirilis ke perangkat desktop portabel Mac Studio terbaru. Mac Studio terbaru hadir dalam dua pilihan chip antara M2 Max atau M2 Ultra. Mac Studio ini dibekali RAM hingga 192 GB dan memori hingga 8 TB.

Selain Mac Studio, di WWDC 2023, Apple juga merilis perangkat desktop workstation Mac Pro terbaru yang juga telah didukung chip M2 Ultra. Mac Pro terbaru telah didukung dengan delapan port koneksi thunderbolt.

Salah satu produk yang cukup ditunggu adalah sistem operasi terbaru iPhone, yaitu iOS 17. Penerus iOS 16 itu dibekali beberapa fitur baru, salah satunya yang menarik adalah poster kontak, yang memungkinkan pengguna membuat poster buat ditampilkan saat menelepon.

Apple turut merilis sistem operasi terbaru untuk iPad, yakni iPadOS 17. Sistem operasi iPad terbaru itu membawa sejumlah fitur baru, seperti fitur modifikasi Lock Screen, penambahan aplikasi Health, fitur AutoFill di dokumen PDF, dan masih banyak lagi.

Untuk perangkat desktop, Apple juga merilis sistem operasi terbaru, yaitu MacOS 14 Sonoma. Salah satu fitur baru yang cukup menarik dari MacOS Sonoma adalah kehadiran Game Mode untuk mendukung pengalaman bermain game di desktop Mac.

Untuk perangkat jam tanggan pintar Apple Watch, Apple merilis sistem operasi terbaru, yaitu WatchOS 10. Di WatchOS 10, salah satu fitur terbaru yang cukup menarik adalah fitur pemantauan kondisi kesehatan mental pengguna lewat aplikasi Mental Health.

Perangkat Audio dan Home, seperti Apple TV, speaker HomePod, dan AirPods, juga tak luput mendapat pembaruan fitur. Misalnya, Apple TV lewat TVOS terbaru kini dapat dipakai untuk mengakses FaceTime dengan kamera dari iPhone atau iPad yang tertaut.

Seperti yang disinggung di atas, pada WWDC 2023, salah satu produk yang cukup menyita perhatian adalah Vision Pro. Vision Pro merupakan perangkat AR Apple pertama yang rumornya sudah ramai beredar beberapa tahun belakangan.

Vision Pro memiliki kaca yang transparan, mirip seperti kacamata Goggles (kacamata pelindung). Dengan kaca transparan itu, mata pengguna dapat dilihat dari luar. Penggunaan kaca transparan ini yang membedakan Vision Pro dengan headset AR dan VR lain.

Headset AR dan VR Apple ini rencananya bakal mulai dijual di Amerika Serikat (AS) awal tahun depan dengan harga 3.500 dolar AS (sekitar Rp 52 juta). Demikianlah daftar produk yang dirilis Apple di WWDC 2023, semoga bermanfaat.

https://tekno.kompas.com/read/2023/06/06/14150077/10-produk-yang-dirilis-apple-di-wwdc-2023

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke