Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Logo Twitter Berubah Jadi X di HP Android, Warganet Kaget dan Menyayangkan

KOMPAS.com - Logo Twitter kini tak lagi burung biru “Larry Bird” dan berubah menjadi seperti huruf “X”. Logo Twitter baru “X” yang menggantikan burung “Larry Bird” itu secara bertahap diterapkan di seluruh platform Twitter.

Sebagai informasi, aplikasi microblogging milik Elon Musk itu secara umum punya dua platform, yaitu Twitter versi website (Twitter.com) dan Twitter versi mobile (aplikasi Twitter yang tersedia di ponsel atau HP).

Beberapa waktu belakangan ini, logo Twitter X sudah menjadi logo untuk aplikasi Twitter di HP. Perubahan logo aplikasi Twitter di HP, dari yang semula berlogo burung menjadi X, berjalan secara tiba-tiba.

Sejumlah warganet pun kaget dengan logo pada aplikasi Twitter di ponsel mereka tiba-tiba telah berganti menjadi X, tak lagi berlogo burung yang ikonik. Tak sekedar kaget, banyak dari mereka juga menyenangkan kehadiran logo Twitter X di aplikasi.

Reaksi warganet atas kehadiran logo aplikasi Twitter X

Kagetnya warganet dengan logo Twitter ganti jadi X di aplikasi ponsel contohnya bisa dilihat melalui twit dari akun dengan handle @pipin_arifia, sebagaimana tertera di bawah ini.

Pengguna itu pun menyayangkan logo Twitter ganti jadi X di aplikasi karena menurutnya aneh. Selain @pipin_arifia, ada pula pengguna dengan handle @heesailee yang juga kaget dengan kehadiran logo Twitter X di aplikasi poonsel.

Pengalaman serupa yang menyayangkan kehadiran logo Twitter baru di aplikasi HP ini juga disampaikan oleh pengguna dengan handle @MidoKubar. Pengguna tersebut menjumpai logo Twitter baru di aplikasi tidak secara tiba-tiba.

Menurut @MidoKubar, logo Twitter X itu aneh karena aplikasi Twitter menjadi seperti aplikasi lain. Selain warganet di atas, masih banyak lagi pengguna yang kaget dan menyayangkan atas kehadiran logo Twitter X di aplikasi HP.

Kemunculan logo aplikasi Twitter X

Berdasarkan pantauan KompasTekno, logo aplikasi Twitter X di HP sudah muncul sejak Kamis malam kemarin (27/7/2023) dan terus ramai dibicarakan di linimasa hingga hari ini, Jumat (28/7/2023).

Akan tetapi, logo aplikasi Twitter X sekarang belum muncul di semua HP. Sebagai informasi, aplikasi Twitter secara umum tersedia di HP berbasis Android dan iOS (iPhone). Logo Twitter X itu saat ini baru muncul di aplikasi HP Android.

KompasTekno sudah mendapatkan logo Twitter X di aplikasi Twitter HP Android versi 10.0.0-release.0, sebagaimana tertera pada gambar di bawah ini.

Di Play Store, toko aplikasi untuk HP Android, nama aplikasi Twitter pun sudah berubah menjadi X. Namun, perubahan nama aplikasi Twitter jadi X itu juga belum menyeluruh terjadi di semua HP Android.

Pada salah satu HP Android kami, nama aplikasi Twitter masih tetap sama di Play Store. Meski namanya masih Twitter, saat mengunduh atau memperbarui aplikasi Twitter di Play Store, logo yang muncul di HP Android itu sekarang adalah X.

Untuk mendapatkan logo Twitter X, pengguna bisa melakukan update aplikasi di Play Store. Jika belum tersedia, kemungkinan pembaruan ini masih digelontorkan secara bertahap. Sementara pembaruan telah muncul di HP Android, kami belum menemukannya di iPhone.

Di App Store, hingga artikel ini ditulis, nama aplikasi Twitter masih belum berganti jadi X. Kemudian, pembaruan aplikasi Twitter di App Store iPhone untuk sekarang belum tersedia. Logo aplikasi Twitter di iPhone juga masih berupa burung, belum ganti jadi X.

Kendati belum muncul, logo Twitter X kemungkinan besar bakal turut hadir pada platform aplikasi Twitter di iPhone, mengingat komitmen yang sempat disampaikan Elon Musk pada 23 Juli 2023.

Pergantian logo Twitter

Pada Minggu kemarin (23/7/2023), pemilik Twitter sekaligus bos Tesla, Elon Musk mengumumkan logo Twitter ganti jadi X. Pengumuman itu disampaikan langsung lewat akun Twitter pribadinya dengan handle @elonmusk.

"Kami akan segera mengucapkan selamat tinggal pada merek Twitter dan semua burung (logonya) secara bertahap," kata Elon Musk dalam twitnya.

Dalam pengumuman logo Twitter baru X ini, Musk juga berkata bahwa logo baru Twitter bisa saja dipasang secepatnya pada Senin kemarin (24/7/2023) secara global.

Pergantian logo Twitter ini tampaknya juga ditujukan untuk mendukung bisnis yang akan dikembangkan perusahaan. Untuk diketahui, pada Oktober 2022, Musk sempat mengatakan, membeli Twitter adalah langkah untuk mempercepat pembuatan X.

Nama perusahaan Twitter pun telah diganti oleh Elon Musk. Sebelumnya, perusahaan aplikasi Twitter bernama Twitter Inc. Setelah itu, Musk mengganti namanya menjadi X Corp pada Oktober 2022.

Langkah penggantian nama perusahaan Twitter menjadi X Corp dan yang terbaru mengganti logo Twitter jadi huruf X, kemungkinan diambil Elon Musk untuk menggabungkan platform media sosial tersebut ke supper app yang akan dikembangkannya.

https://tekno.kompas.com/read/2023/07/28/12270017/logo-twitter-berubah-jadi-x-di-hp-android-warganet-kaget-dan-menyayangkan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke