Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Kelebihan Samsung Galaxy Z Flip 5 Dibanding Z Flip 4, Salah Satunya Lebih Rapat

Sebagai model terbaru, Samsung Z Flip 5 membawa peningkatan di berbagai aspek dari pendahulunya. Seperti layar cover screen, engsel baru, bodi lebih ringkas, serta chipset mumpuni.

Berikut ini KompasTekno rangkumkan enam peningkatan Samsung Galaxy Z Flip 5 dibandingkan Galaxy Z Flip 4.

Layar cover screen Samsung Z Flip 5 lebih besar 1,5 inci dibandingkan cover screen Samsung Z Flip 4 yang berukuran 1,9 inci.

Dengan ukuran 3,9 inci, cover screen Samsung Galaxy Z Flip 5 menempati hampir setengah bagian belakang ponsel ketika dalam keadaan terlipat.

Selain ukuran yang makin besar, Samsung juga merombak penyusunan kamera belakangnya. Di Galaxy Z Flip 4, dua kamera belakang serta lampu flash LED di susun vertikal ke bawah.

Sekarang, dua kamera belakang dan lampu flash LED pada Galaxy Z Flip 5 disusun secara horizontal.

Kini, pengguna bisa menonton film di Netflix, membuka peta di Google Maps, hingga membalas pesan WhatsApp, serta menelepon langsung dari cover screen. Hal ini tidak bisa dilakukan pada cover screen Galaxy Z Flip 4.

Fungsi cover screen yang sudah ada sebelumnya juga tetap dipertahankan. Misalnya, membuka widget kalendar, cuaca, mengakses kamera untuk foto dan video, dan lainnya.

Aksesori Flipsuit Case berisi satu casing bening atau clear case yang mendukung NFC dan sebuah kartu khusus bernama Suit Card.

Ketika Suit Card itu disisipkan ke dalam clear case, layar sekunder Samsung Z Flip 5 bakal berubah menampilkan foto latar (wallpaper) di lock screen yang sesuai dengan tema kartu tersebut.

Misalnya, seperti gambar di atas, Suit Card bertema siluet anggota grup band BTS disertai tulisan “Dynamite” dimasukkan ke dalam clear case.

Setelah kartu dimasukkan ke bagian bawah casing, layar sekunder Galaxy Z Flip 5 langsung berubah menjadi ungu, dan ada motion yang bergerak dari atas ke bawah menampilkan tulisan “Dynamite”.

Ketika pengguna memasukkan suit card lain, wallpaper layar sekunder akan otomatis menyesuaikan dengan tema suit card. Fitur ini absen di jajaran Galaxy Z Flip sebelum-sebelumnya.

Berkat Flex Hinge, layar utama Samsung Galaxy Z Flip 5 kini dapat menutup dengan rapat sempurna ketika dilipat. Dengan begitu tidak ada celah lagi di antara kedua sisi layar utama dalam keadaan terlipat.

Hal ini berbeda dengan desain engsel lama di Samsung Z Flip 4 (2022). Ketika dilipat, Galaxy Z Flip 4 tidak rapat dan masih memiliki rongga di antara dua sisi layar utamanya.

Desain lipatan yang semakin rapat ini juga semakin meminimalisir debu atau kotoran masuk ke sela-sela layar utama saat terlipat.

Selain membuat lebih tipis, Flex Hinge yang baru ini juga berperan dalam aspek daya tahan (durability) Galaxy Z Flip 5.

Di halaman Samsung Newsroom, Samsung mengungkapkan bahwa Flex Hinge merupakan modul engsel terintegrasi yang memiliki struktur rel ganda. Dengan desain ini, tekanan eksternal pada engsel diharapkan dapat tersebar, tak hanya terfokus pada satu rel engsel.

6. Chipset Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy

Samsung juga meningkatkan performa Galaxy Z Flip 5. Ponsel ini kini diotaki chipset paling mumpuni dari Qualcomm, yakni Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy. Chipset khusus ini juga disematkan pada Galaxy S23 series.

Chipset Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy itu dipadukan dengan RAM 8 GB dan penyimpanan media 256/512 GB.

Sebagai perbandingan, tahun lalu, Galaxy Z Flip 4 ditenagai chipset Snapdragon 8 Gen 1, dipadukan dengan dengan RAM 8 GB dan penyimpanan media 128/256/512 GB.

Perbedaan spesifikasi Samsung Galaxy Z Flip 5 dengan Samsung Galaxy Z Flip 4 selengkapnya bisa disimak melalui artikel: "Perbandingan Spesifikasi Samsung Galaxy Z Flip 4 dan Z Flip 5".

Harga Samsung Galaxy Z Flip 5

Samsung Galaxy Z Flip 5 hadir di Indonesia dalam empat pilihan warna, yakni Mint, Graphite, Cream, dan Lavender.

Tambahan warna eksklusif khusus pemesanan online terdiri dari Grey, Yellow, Green, dan Blue yang didesain dengan warna bingkai hitam doff.

Berikut ini rincian harga Galaxy Z Flip 5 di Indonesia:

  • Harga Samsung Galaxy Z Flip 5 RAM 8/256 GB: Rp 16 juta
  • Harga Samsung Galaxy Z Flip 5 RAM 8/512 GB: Rp 18 juta

https://tekno.kompas.com/read/2023/07/29/11000087/6-kelebihan-samsung-galaxy-z-flip-5-dibanding-z-flip-4-salah-satunya-lebih

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke