Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

"Free Fire" Rilis Update Patch Merdeka, Bawa Gameplay Baru

Dalam update "Free Fire" OB41, gamer bisa menikmati berbagai konten anyar, seperti gameplay baru.

Gameplay ini dibagi menjadi dua misi (quest) baru yang dapat mengubah strategi bermain "Free Fire", yaitu "Defense Arsenal" dan "Solo Dare".

Misi "Defense Arsenal" mengharuskan pemain untuk bertahan hidup di salah satu area Arsenal, agar bisa membuka gudang senjata tersebut secara otomatis.

Progres misi akan berhenti jika musuh memasuki area tersebut, sehingga pemain harus "membasmi" tim musuh untuk melanjutkan progres.

Ini berbeda dengan mekanisme sebelumnya. Awalnya, pemain mesti mencari sebuah kunci untuk membuka Arsenal.

Selain "Defense Arsenal", ada juga misi "Solo Dare" yang memberi kesempatan tim untuk bertahan hidup lebih lama dalam pertempuran. Seperti namanya, misi ini bisa dimainkan pemain terakhir (solo) ketika semua rekan timnya sudah tereliminasi.

Gamer bisa mengaktifkan misi ini dengan mengakses Vending Machine. Begitu diaktifkan, posisi pemain bisa dilihat semua musuh lewat radar peta (map).

Untuk menyelesaikan misi tersebut, gamer wajib bertahan hidup selama 90 detik dalam mode Duo atau 100 detik untuk mode Squad.

Jika berhasil, pemain bakal mendapatkan item "Super Revival" dan 400 FF Coins. "Super Revival" dapat digunakan untuk menghidupkan kembali teman yang sudah tereliminasi, sedangkan 400 FF Coins digunakan untuk berbelanja lewat Vending Machine.

Pemain yang sukses menumpaskan musuh ketika misi "Solo Dare" aktif juga berhak mendapatkan hadiah yang misterius.

Cara kerjanya sama dengan "Defense Airdrop". Pemain harus berada di area "Cyber Airdrop" selama 10-12 detik untuk mendapatkan loot dan "Cyber Points". Poin ini bisa ditukarkan di toko CS Store dalam match, misalnya untuk membeli senjata M1887-X.

Masih soal mode, ada juga "Zombie Hunt" yang menguji kemampuan gamers melawan para zombi. Mode ini menjadi makin seru karena kehadiran map, gameplay, item, dan peta baru.

Selanjutnya, mode latihan "Training Grounds" dirombak ulang, sehingga areanya menjadi lebih luas, dilengkapi banyak tempat untuk berlindung.

Pembaruan di tiga peta

Selain itu, "Free Fire" juga menghadirkan pembaruan di tiga area penting di Bermuda, yaitu Peak, Hangar, dan Factory. Peak dan Hangar memiliki layout area baru, sedangkan Factory mendapatkan perubahan dari sisi ketinggian di lantai tiga bangunan.

Terdapat pula penyesuaian senjata jarak dekat (melee). Kini, senjata melee memiliki 130 hit points (HP) dan akan hancur setelah terkena beberapa damage. Perubahan ini diperkenalkan mengingat senjata melee bisa menahan peluru musuh.

Berikutnya, ada "Finishing Move" untuk semua senjata melee kecuali Pan.

Finishing Move sejatinya merupakan animasi khusus ketika sedang "mengeksekusi" musuh yang terjatuh (knock), sebagaimana dikutip KompasTekno dari Instagram resmi Free Fire Indonesia, Jumat (11/8/2023).

Di luar dari sejumlah fitur yang sudah dibahas, patch "Merdeka" juga menghadirkan penyesuaian senjata untuk AK47, Groza, G36, dan lain sebagainya.

Karakter yang mendapat perubahan kemampuan (skill) adalah Antonio, Nairi, Shani, dan Shirou. Sementara itu, karakter yang mendapatkan penyesuaian adalah Skyler dan Andrew "the Fierce".

"Free Fire" juga akan memperkenalkan karakter baru bernama Suzy, tetapi Garena belum mengumbar kapan tanggal perilisan untuk karakter itu.

Patch ini sudah dapat dinikmati mulai hari ini juga. Pastikan gamers sudah mengunduh update OB41 di App Store untuk iOS dan Google Play Store untuk Android.

https://tekno.kompas.com/read/2023/08/11/11000097/-free-fire-rilis-update-patch-merdeka-bawa-gameplay-baru

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke