Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Alasan Ponsel Lipat Oppo Find N3 Layak Ditunggu

KOMPAS.com - Oppo tengah bersiap memboyong salah satu ponsel lipat terbarunya, Oppo Find N3 ke Indonesia. Oppo Find N3 memiliki desain lipat vertikal, di mana ponsel dibuka layaknya membaca buku.

Suksesor Oppo Find N2 tersebut juga sudah lolos sertifikasi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) dari Kementerian Perindustrian (Kemenperin) serta sertifikasi Pos dan Telekomunikasi (Postel) dari Dirjen SDPPI Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Saat ini, tanggal peluncuran Oppo Find N3, baik itu secara global maupun di Tanah Air, masih misterius.  Namun menjelang peluncurannya yang konon akan terjadi sebelum akhir 2023 ini, rumor terkait desain dan spesifikasi Oppo Find N3 sudah menyeruak sedemikian rupa di internet. 

Berikut ini adalah rangkuman bocoran desain dan spesifikasi Oppo Find N3 yang telah beredar dari sumber tipster atau akun-akun pembocor gadget, sehingga membuatnya layak ditunggu masuk Indonesia.

Lebih tipis dan rapat

Secara desain, ponsel lipat terbaru Oppo ini konon masih akan mengusung tampilan yang sama seperti Oppo Find N2. Artinya, mekanisme lipatan yang diusung akan menyerupai sebuah "buku". 

Meski serupa, Oppo disebut bakal melakukan sejumlah peningkatan, salah satunya berasal dari layar utama yang kabarnya akan memiliki bekas lipatan (crease) yang lebih samar. 

Selain itu, sistem engsel (hinge) Oppo Find N3 juga disebut akan membuat Oppo Find N3 sangat rapat ketika dilipat (gapless).

Dengan kata lain, debu atau cahaya tak akan mudah masuk ketika ponsel ini dalam keadaan dilipat. 

Kendati demikian, dimensi ketebalan dan bobot ponsel tersebut akan tetap tipis, dan kabarnya malah lebih tipis dan ringan dari Find N2. Belum bisa dipastikan berapa tepatnya angka dimensi ketebalan dan bobot dari Oppo Find N3.

Masih soal desain, layar utama Oppo Find N3 konon akan mengusung panel AMOLED berukuran 8 inci dengan resolusi 2K, meningkat dari 7,1 inci di Oppo Find N2. 

Lalu untuk layar sekunder, ponsel ini kabarnya akan memakai panel AMOLED dengan ukuran 6,5 inci dan resolusi Full HD Plus, meningkat dari Oppo Find N2 dengan 5,54 inci.

Hal ini dianggap melegakan, sebab rasio layar sampul (cover screen) saat dilipat menjadi lebih lebar juga. Sehingga layar depan itu terasa lebih lega, layaknya sebuah ponsel mini.

Kamera kelas flagship

Bocoran lain menyebut kamera yang akan diusung Oppo FInd N3 adalah kamera sekelas flagship.

Sebagai gambaran, ponsel flaghsip Oppo saat ini adalah Find X6 Pro dengan konfigurasi kamera utama 50 MP (f/1.8), kamera ultrawide 50 MP (f/2.2), dan kamera telefoto 50 MP (f/2.6), serta satu kamera selfie 32 MP (f/2.4), serta dukungan dari Hasselblad.

Mereka yang menantikan Find N3 bisa berharap spesifikasi yang serupa.

Dari segi modul kamera, ada bocoran juga yang menyebut bahwa ponsel lipat OnePlus (yang juga di bawah satu grup dengan Oppo), yaitu OnePlus Open, akan direbranding sebagai Oppo Find N3 di pasar China.

Masuk ke soal spesifikasi, Oppo Find N3 kabarnya akan ditenagai dengan chipset Snapdragon 8 Gen 2 (3,2 GHz), peningkatan dari chipset Snapdragon 8 Plus Gen 1 (3,0 GHz) di Oppo Find N3. 

Lalu, ponsel ini konon akan memakai RAM LPDDR5X dengan kapasitas hingga 16 GB, serta media penyimpanan (storage) berjenis UFS 4.0 dengan kapasitas hingga 512 GB. Jenis storage yang dipakai meningkat dari Oppo Find N2 dengan UFS 3.1.

Pada sektor baterai, Oppo Find N3 kabarnya akan memiliki peningkatan kapasitas baterai dari 4.520 mAh ke 4.805 mAh. 

Teknologi pengisian cepat yang didukung juga disebut akan meningkat, dari 67W di Oppo Find N2 menjadi 100W. 

Pada sektor kamera, ponsel ini konon bakal dibekali dengan kamera 32 MP di layar sekundernya, serta kamera 20 MP atau 32 MP di layar utamanya.

Fitur pendukung lainnya yang kabarnya bakal hadir di Oppo Find N3 mencakup empat buah speaker, serta sistem operasi Android 13 yang dipoles dengan tampilan antarmuka ColorOS 13.1.

Seperti disebutkan di atas, Oppo Find N3 sudah mendapatkan sertifikat TKDN dan Postel. Artinya, ponsel ini siap untuk dirilis di pasar Indonesia.

Dalam laman sertifikat TKDN dengan nomor 5169/SJ-IND.8/TKDN/6/2023 yang terbit pada 15 Juni 2023 tersebut, ponsel lipat teranyar Oppo yang memiliki model "Oppo CPH2499" ini lolos uji dengan Nilai TKDN Barang 37,05 persen.

Kemudian dalam laman sertifikat Postel, perangkat dengan model CPH2499 tampaknya sudah diizinkan beredar di Tanah Air dengan nomor sertifikat 91770/SDPPI/2023. Sertifikat ini terbit sekitar satu bulan setelah Oppo Find N3 lolos uji TKDN, yaitu tepatnya pada 10 juli 2023.

Meski sudah muncul di laman Kemenperin dan Ditjen SDPPI Kominfo, belum bisa dipastikan apakah perangkat dengan model tersebut merupakan benar-benar Oppo Find N3 atau bukan.

Terlebih, pihak Oppo Indonesia saat ini belum mengumbar hal apapun terkait kehadiran Oppo Find N3 di Indonesia. Yang jelas ponsel lipat versi sebelumnya Oppo Find N2 tidak masuk Indonesia.

Terkait Oppo Find N3, ponsel ini belum meluncur di negara manapun, dan kabarnya bakal meluncur sekitar Agustus ini di pasar global.

https://tekno.kompas.com/read/2023/08/15/13000047/alasan-ponsel-lipat-oppo-find-n3-layak-ditunggu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke