Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Unboxing Oppo Reno 10 Pro Versi Resmi Indonesia, Harga Rp 8 Juta

Oppo memasarkan Reno 10 Pro seharga Rp 7.999.000, atau berselisih Rp 2 juta dari Reno 10 yang banderolnya dipatok sebesar Rp 5.999.000.

Spesifikasi Oppo Reno 10 Pro pun secara keseluruhan lebih canggih dibandingkan Reno 10. Meski demikian, seperti juga Reno 9 dan Reno 9 Pro keluaran tahun lalu, penampilan fisiknya bak pinang dibelah dua dengan adiknya itu.

Unboxing Oppo Reno 10 Pro Indonesia

Boks kemasan Reno 10 Pro menganut desain baru dengan warna dasar putih, bukan lagi biru seperti ponsel-ponsel seri Reno sebelumnya.

Oppo membekali perangkat ini dengan aksesori pelengkap yang mirip dengan Reno 10, mencakup booklet panduan penggunaan, SIM card ejector tool, stiker pelindung untuk pemasangan screen protector, hingga kabel USB A ke USB C.

Perbedaan lainnya, setidaknya untuk varian warna Silvery Grey -atau tertulis sebagai Abu-abu Metalik di kemasan- di tangan KompasTekno, terletak pada aksesori soft case untuk melindungi perangkat.

Casing lunak ini tidak transparan seperti milik Oppo Reno 10 varian warna Ice Blue, melainkan berwarna abu-abu gelap sehingga senada dengan warna ponselnya.

Hands-on Oppo Reno 10 Pro

Tampilan Oppo Reno 10 Pro bisa dibilang persis sama dengan Reno 10 dari segala sisi.

Sisi belakang Reno 10 Pro terbuat dari bahan kaca dengan finishing frosted sehingga sedikit licin. Warna dasarnya abu-abu dengan efek glitter sehingga memberikan aksen metal.

Bagian frame yang berbahan plastik memiliki finishing glossy yang sangat mengilap sehingga memantulkan obyek-obyek di sekitarnya, sekaligus mudah ternoda sidik jari.

Dalam genggaman, Oppo Reno 10 Pro terasa persis seperti Reno 10. Sebab, dimensi fisiknya pun serupa dengan ketebalan sekitar 8 mm dan bobot 185 gram. Perangkat ini relatif ringan, tapi terkesan padat dan solid.

Oppo Reno 10 Pro dibekali sepasang speaker stereo. Salah satunya berada di sisi bawah, berdampingan dengan konektor USB C dan laci SIM card. Speaker kedua diselipkan di celah antara kamera depan dan bagian luar bingkai layar.

Kamera depan 32 MP (f/2.4) itu bertengger di dalam punch hole, sementar layarnya sendiri berukuran 6,7 inci (2.412 x 1.080 piksel) dengan panel AMOLED dan refresh rate 120 Hz, persis layar Reno 10.

Satu perbedaan Oppo Reno 10 Pro dari Reno 10 terletak pada laci SIM. Berbeda dari Oppo Reno 10 yang menggunakan laci berjenis hybrid sehingga bisa ikut memuat kartu memori, laci SIM Reno 10 Pro tak menyediakan tempat untuk microSD.

Spesifikasi Oppo Reno 10 Pro

Perbedaan lainnya dari Reno 10 tentu saja terletak di spesifikasi hardware Reno 10 Pro. Perangkat ini ditenagai chip Qualcomm Snapdragon 778G, RAM 12 GB, storage 256 GB, baterai 4.600 mAh, serta menjalankan OS Android 13 berlapis antarmuka Color OS 13.1.

Chip Snapdragon 778G sebenarnya lebih tua paling tidak satu tahun dibanding MediaTek Dimensity 7050 di Oppo Reno 10 yang tergolong anyar. Namun, kinerja Snapdragon 778G secara umum masih lebih tinggi, dengan selisih tipis.

Kapasitas baterai Oppo Reno 10 Pro lebih kecil dibandingkan Reno 10 (5.000 mAh), tapi kekurangan itu dikompensasi oleh dukungan daya fast charging lebih tinggi.

Perlu ditambahkan bahwa teknologi fast charging SuperVOOC dari Oppo menggunakan kabel khusus. Jadi, untuk mengisi baterai dengan kecepatan maksimal, sebaiknya gunakan charger dan kabel bawaan ponsel.

Aspek spesifikasi lainnya yang mungkin terlihat lebih rendah dari Reno 10 adalah resolusi kamera utama Oppo Reno 10 Pro, yakni 50 MP (f/1.8), berbanding 64 MP di adiknya.

Namun, kamera Oppo Reno 10 Pro dibekali peredam goyangan alias OIS (Optical Image Stabilizer). Fitur yang penting untuk menjepret foto saat low-light ini absen dari kamera utama Reno 10.

Adapun rangkaian kamera lainnya bisa dibilang sama dengan Reno 10, mencakup kamera ultra wide 8 MP (f/2.2) dan kamera telephoto 32 MP (f/2.0) dengan optical zoom 2x untuk foto portrait.

Masih penasaran? Anda bisa menyimak foto-foto Oppo Reno 10 Pro dari hasil penelusuran KompasTekno dalam galeri di tautan berikut.

Oppo Reno 10 Series 5G sendiri saat ini sudah bisa dibeli secara langsung, baik secara offline di gerai-gerai, maupun secara online di marketplace rekanan dan situs resmi Oppo Indonesia.

https://tekno.kompas.com/read/2023/08/18/13140027/unboxing-oppo-reno-10-pro-versi-resmi-indonesia-harga-rp-8-juta

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke