Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Daftar Game Baru yang Diumumkan di Gamescom 2023

Lewat live stream bertajuk "Gamescom Opening Night Live 2023", pameran ini juga menunjukkan cuplikan video (trailer) teranyar, untuk game yang sudah diumumkan sebelumnya.

Deretan game yang dipamerkan mencakup berbagai genre, seperti first person shooter (FPS), role-playing game (RPG), stealth, dan fighting. Berikut ini rinciannya:

Salah satu game yang mendapatkan informasi baru adalah "Call of Duty: Modern Warfare III". Dalam pameran Gamescom, pengguna disuguhkan trailer berdurasi sembilan menit, yang menguak misi pertama untuk mode cerita di game shooter tersebut.

Misi yang dinamai "Operation 627" ini dimulai ketika pemain dan tim Alpha menyerang markas musuh di laut fiksi Kastovia. Pada malam hari yang gelap gulita, pemain mesti mengeliminasi musuh di wilayah tersebut, secara diam-diam (stealth).

Selain mode cerita, permainan yang digarap oleh studio Sledgehammer Games ini akan membawa misi baru bernama "Open Combat Missions".

Deretan misi ini bisa diselesaikan dengan berbagai cara atau pendekatan, misalnya secara diam-diam atau dengan cara yang lebih "rusuh".

Untuk multiplayer, "Call of Duty: Modern Warfare III" menghadirkan mode 6v6, "Ground War", "Invasion", "Zombies", dan terbaru, "Cutthroat".

Mode "Cutthroat" menyuguhkan pengalaman kompetitif 3v3v3 yang dilengkapi mekanisme baru, seperti "Tac-Stance" untuk meningkatkan kecepatan bergerak saat menggunakan pembidik senjata.

Bila tertarik, "Call of Duty: Modern Warfare III" akan meluncur pada 10 November di PC (lewat platform Steam, Battle.net), PlayStation 5 (PS5), PlayStation 4 (PS4), Xbox Series X/S, dan Xbox One.

Game ini dibanderol dengan harga sekitar Rp 1 juta untuk semua platform di atas.

Berikutnya, Gamescom 2023 menunjukkan trailer live-action untuk permainan besutan Bethesda Game Studios, "Starfield". Pengguna bisa menyaksikan petualangan seorang astronot saat mengunjungi planet asing yang berbahaya.

"Starfield" adalah proyek RPG ambisius yang mengajak pemain untuk bergabung dengan "Constellation", yakni kelompok penjelajah luar angkasa terakhir yang mencari artefak paling langka di seluruh galaksi.

Nantinya, pemain bisa melakukan kustomisasi karakter, baik dari segi desain, latar belakang, dan bahkan kepribadiannya.

Sebagai contoh, pengguna dapat memilih sifat "Introvert". Dengan sifat ini, karakter pemain memiliki stamina yang lebih kuat ketika melakukan aktivitas seorang diri. Sebaliknya, karakter akan menjadi mudah lelah bila ada banyak orang di sekitarnya.

Tidak hanya karakter, pemain juga bisa merancang desain kapal luar angkasa yang dikendarai.

Setelah merancang karakter dan kapal terbang, gamers akan menjelajahi ribuan planet yang unik.

Pemain bakal mengumpulkan sumber daya dari planet tersebut untuk membuat senjata, obat, dan makanan. Pemain pun dapat mendirikan markas dan mempekerjakan kru untuk mengumpulkan material.

Begitu selesai menelusuri planet, gamers bisa mengunjungi planet lain, kemudian mengerjakan berbagai misi (quest) untuk mendapatkan loot, uang, dan lain sebagainya.

"Starfield" akan meluncur pada 6 September di PC (Steam, Microsoft Store) dan Xbox Series X/S. Permainan ini dibanderol seharga Rp 759.000 di Steam dan sekitar Rp 1 juta di Xbox Series X/S.

"Starfield" juga bisa dinikmati lewat layanan Xbox Game Pass seharga 10.99 dollar AS (Rp 168.399) per bulan, dan PC Game Pass dengan banderol harga Rp 49.999 per bulan.

Konten tambahan (expansion) untuk "Cyberpunk 2077", "Cyberpunk 2077: Phantom Liberty" juga mendapatkan sorotan. Trailer ini memperlihatkan cara bermain baru untuk "Cyberpunk 2077".

Salah satu cara tersebut adalah menggunakan berbagai senjata anyar yang mematikan, yaitu Order, Grit, Warden, Osprey, Hercules, dan Rasetsu. Kemudian, konten "Phantom Liberty" juga membawa sistem skill tree baru bernama "Relic".

Skill tree ini menawarkan beragam kemampuan (skill) yang memungkinkan pemain untuk memilih cara bermainnya sendiri. Untuk mengakses skill tree ini, pengguna mesti mengumpulkan "Relic Points" di kota baru "Dogtown".

Kecerdasan buatan (AI) karakter nonpemain (NPC) dirombak secara keseluruhan. Polisi di "Phantom Liberty" akan merespons tindakan pemain secara lebih realistis, misalnya menyiapkan penghalang jalan atau mencoba menabrak kendaraan pemain.

Adapun expansion ini akan dirilis pada 26 September untuk PC (lewat Steam, GOG, Epic Games Store), PS5, dan Xbox Series X/S.

Soal harga, pengguna perlu merogoh kocek sebesar Rp 349.999 di Steam dan Epic Games Store, serta 29.99 dollar AS (Rp 445.936) di Xbox dan GOG. Sementara itu, pengguna PlayStation perlu menyiapkan Rp 429.000 untuk membeli "Phantom Liberty".

NetherRealm Studios merilis trailer "Rulers of Outword" untuk game fighting "Mortal Kombat 1". Trailer ini menunjukkan dua karakter baru yang bisa dimainkan, yaitu Sindel dan General Shao.

Jurus pemungkas alias "Fatality" Sindel juga dipamerkan, yang mana karakter ini menggunakan rambut tajamnya untuk memotong musuhnya.

Terdapat juga dua karakter "Kameo Fighters" yang bergabung dengan "Mortal Kombat 1", yakni Motaro dan Shujinko. "Kameo Fighters" itu sendiri adalah karakter pendukung (support) yang bisa dipanggil di tengah pertarungan, untuk melakukan serangan.

Untuk diketahui, "Mortal Kombat 1" merupakan pembuatan ulang (reboot) dari seri "Mortal Kombat" yang ikonik. Alam semesta dalam game ini diciptakan oleh Dewa Api, Liu Kang.

Karena merupakan alam semesta yang baru, setiap karakter pun memiliki latar belakang yang berbeda dibanding game sebelumnya. Contohnya saja Baraka, yang dulunya merupakan ras mutan yang nomadik.

Di "Mortal Kombat 1", Baraka menjadi seorang pedagang yang terpapar virus Tarkat misterius, sebelum akhirnya diasingkan ke dunia Outworld yang kejam.

"Mortal Kombat 1" bakal menyambangi PC (lewat Steam, Epic Games Store), PS5, Xbox Series X/S, dan Nintendo Switch pada 19 September. Game tersebut dijual seharga Rp 759.000 di Steam dan Epic Games Store serta Rp 990.000 di PS5.

Sementara itu, "Mortal Kombat 1" dipatok dengan harga jual 69.99 dollar AS (sekitar Rp 1 juta) di Xbox Series X/S dan Nintendo Switch.

Ubisoft mengungkap informasi terbaru seputar game "Assassin's Creed Mirage". Gamers bisa melihat suasana kota Baghdad yang menjadi setting utama game "Assassin's Creed" kali ini.

Di Baghdad, pemain berperan sebagai pencuri bernama Basim Ibn Ishaq. Basim bergabung dengan organisasi kuno bernama "The Hidden Ones".

Organisasi itu akan mengajarkan Basim ritual misterius untuk mengasah kemampuannya. Lambat laun, Basim akan belajar menjadi "Master Assassin" yang elit.

Seperti "Assassin's Creed" sebelumnya, pertarungan merupakan solusi terakhir dalam mengatasi sebuah konflik. Basim mesti berusaha menyusup diam-diam dari satu tempat ke tempat berikutnya, tanpa mengundang banyak perhatian.

Basim memiliki pisau tersembunyi seperti karakter sebelumnya di seri "Assassin's Creed", bom asap, panah tiup, dan pisau lempar. Ia juga memiliki kemampuan untuk melakukan pencopetan, penyuapan, penyadapan, dan lain sebagainya.

Basim dibekali kemampuan baru bernama "Assassin's Focus", yang dapat diisi meterannya (gauge) dengan melakukan pembunuhan stealth.

Setelah gauge tersebut penuh, Basim bisa menghentikan waktu dan melakukan pembunuhan berantai, untuk menghabisi banyak musuh sekaligus.

"Assassin's Creed Mirage" akan diluncurkan pada 5 Oktober di PC (Ubisoft Store, Epic Games Store), PS5, PS4, Xbox Series X/S, dan Xbox One.

Bila tertarik, pengguna bisa merogoh kocek sebesar Rp 579.000 di PC, Rp 739.000 di PlayStation, dan Rp 765.996 di Xbox.

Selengkapnya, berikut daftar game yang dipamerkan di Gamescom 2023, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari live stream "Gamescom Opening Night Live 2023" di YouTube, Rabu (23/8/2023):

  • Age of Empires IV: Anniversary - Xbox Series X/S, Xbox One (Hari ini)
  • Genshin Impact Update "Fontaine" - PC, PS5, PS4, iOS, Android (Hari ini)
  • Immortals of Aveum - PC, PS5, Xbox Series X/S (Hari ini)
  • Marvel Snap - PC (Hari ini)
  • Fort Solis - PC, PS5 (Hari ini)
  • Armored Core VI: Fires of Rubicon - PC, PS5, PS4, Xbox Series X/S, Xbox One (25 Agustus)
  • Under The Waves - PC, PS5, PS4, Xbox Series X/S, Xbox One (29 Agustus)
  • Starfield - PC, Xbox Series X/S (6 September)
  • Last Epoch Update "Runes of Power" - PC (7 September)
  • Fae Farm - PC, Nintendo Switch (8 September)
  • The Crew Motorfest - PC, PS5, PS4, Xbox Series X/S, Xbox One, PC, Amazon Luna (14 September)
  • Mortal Kombat 1 - PC, PS5, Xbox Series X/S, Nintendo Switch (19 September)
  • Payday 3 - PC, PS5, Xbox Series X/S (21 September)
  • Warhaven - PC (21 September)
  • Cyberpunk 2077: Phantom Liberty - PC, PS5, Xbox Series X/S (26 September)
  • Sonic Frontiers Update "The Final Horizon" - PC, PS5, PS4, Xbox Series X/S, Xbox One, Nintendo Switch (28 September)
  • Assassin's Creed Mirage - PC, PS5, PS4, Xbox Series X/S, Xbox One (5 Oktober)
  • Lords of the Fallen - PC, PS5, Xbox Series X/S (13 Oktober)
  • Sonic Superstars - PC, PS5, PS4, Xbox Series X/S, Xbox One, Nintendo Switch (17 Oktober)
  • Diablo IV Update "Season of Blood" - PC, PS5, PS4, Xbox Series X/S, Xbox One (17 Oktober)
  • The 7th Guest VR - PC, PS VR2, Meta Quest (19 Oktober)
  • Alan Wake II - PC, PS5, Xbox Series X/S (27 Oktober)
  • Call of Duty: Modern Warfare III - PC, PS5, PS4, Xbox Series X/S, Xbox One (10 November)
  • Warhammer Age of Sigmar: Realm of Ruin - PC, PS5, Xbox Series X/S (17 November)
  • Bulletstorm VR - PC, PS VR2, Meta Quest (14 Desember)
  • Honkai: Star Rail - PS5 (Tahun ini)
  • Lysfanga: The Time Shift Warrior - PC (Awal 2024)
  • Dustborn - PC, PS5, PS4, Xbox Series X/S, Xbox One (Awal 2024)
  • Tekken 8 - PC, PS5, Xbox Series X/S (26 Januari 2024)
  • Granblue Fantasy: Relink - PC, PS5, PS4 (1 Februari 2024)
  • Nightingale - PC (22 Februari 2024)
  • Homeworld 3 - PC (Februari 2024)
  • Endzone 2 - PC (Musim semi 2024)
  • Post Trauma - PC (Musim semi 2024)
  • Black Myth: Wukong - PC (Musim panas 2024)
  • Streets of Rogue 2 - PC (2024)
  • Mandragora - PC, PS5, Xbox Series X/S (2024)
  • Expeditions: A MudRunner Game - PC, PS5, PS4, Xbox Series X/S, Xbox One, Nintendo Switch (2024)
  • Delta Force: Hawk Ops - PC, PS5, PS4, Xbox Series X/S, Xbox One, iOS, Android (2024)
  • Little Nightmares III - PC, PS5, PS4, Xbox Series X/S, Xbox One, Nintendo Switch (2024)
  • Thank Goodness You're Here! - PC, PS5, Nintendo Switch (2024)
  • Ara: History Untold - PC (2024)
  • Killing Floor III - PC, PS5, Xbox Series X/S (Tidak ada tanggal rilis)
  • Crimson Desert - PC, Konsol (Tidak ada tanggal rilis)
  • Zenless Zone Zero - PC, iOS (Tidak ada tanggal rilis)
  • The First Descendant - PC, PS5, PS4, Xbox Series X/S, Xbox One (Tidak ada tanggal rilis)
  • Stormgate - PC (Tidak ada tanggal rilis)

https://tekno.kompas.com/read/2023/08/23/19000057/daftar-game-baru-yang-diumumkan-di-gamescom-2023

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke