Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

iPadOS 17 Sudah Bisa Di-download, Bawa Fitur Custom Lockscreen dari iPhone

Pengguna iPad yang kebagian iPadOS 17, akan menerima notifikasi ketersediaan sistem operasi versi terbaru di perangkat.

Jika belum menerimanya, pengguna bisa mengecek update (pembaruan) secara manual di menu Settings (Pengaturan), klik “General”, dan pilih “Software Update”.

Apabila pembaruan iPadOS 17 sudah muncul, pengguna cukup mengeklik tombol "Download and install". Kemudian, pembaruan akan dilakukan otomatis secara Over The Air (OTA) atau melalui jaringan internet.

Agar bisa mengunduh iPadOS 17, iPad tersebut harus sudah menjalankan sistem operasi paling akhir yaitu iPad 16.6.1.

Jika perangkat masih menjalankan OS versi lebih lama atau di bawah versi tersebut, maka sistem akan meminta pengguna untuk memperbarui iPadOS ke versi 16.6.1 terlebih dulu.

Selain itu, pengguna juga perlu mengetahui mana saja model iPad yang kebagian iPadOS 17 dan tidak.

Berikut adalah daftar lengkap iPad yang kebagian iPadOS 17, sebagaimana dikutip KompasTekno di laman resmi Apple.com, Selasa (19/9/2023).

  • iPad Pro 12,9 inci generasi ke-2 atau versi paling baru
  • iPad Pro 10,5 inci
  • iPad Pro 11 inci generasi pertama atau paling baru
  • iPad Air generasi ke-3 atau paling baru
  • iPad generasi ke-6 atau paling baru
  • iPad Mini generasi ke-5 atau paling baru

Fitur baru iPadOS 17

Lockscreen yang bisa diatur sedemikian rupa

Salah satu fitur baru yang terssdia di iPadOS 17 adalah kemampuan untuk melakukan pengaturan tampilan layar yang sedang terkunci (lock screen).

Fitur ini sebelumnya hadir di iPhone melalui iOS 16. Pengguna dapat mengganti, merombak, atau mendesain ulang wallpaper mereka menyesuaikan kebutuhan dan selera. Mulai dari menambah widget, mengganti jenis font, warna tulisan, dan sebagainya.

Menurut Apple, kebaruan ini dibawa karena pengguna iPhone sangat menyukai fitur personalisasi layar lockscreen. Maka dari itu, perusahaan mencoba menghadirkan pengalaman serupa ke iPad.

Selain itu, iPadOS 17 juga memungkinkan pengguna mengganti foto latar (wallpaper) dengan foto bergerak, alias Live Wallpaper. Misalnya, pemandangan pantai. Foto pantai tersebut tidak statis, tetapi dapat menujukkan air dan ombak yang bergerak.

Live Activities

Fitur baru iPadOS 17 berikutnya adalah dukungan widget secara langsung (Live Activities). Fitur ini memungkinkan pengguna memantau status pemesanan makanan, rencana liburan, timer, hingga hasil skor pertandingan bola yang berjalan secara real-time (langsung), dan sebagainya.

Dengan widget yang menampilkan status layanan tertentu, pengguna tidak perlu membuka lockscreen perangkat.

Widgets yang interaktif

Fitur ketiga adalah widget interaktif. Dikatakan interaktif karena pengguna dapat melakukan sejumlah perintah pada widget yang dipasang di layar Home.

Misalnya, pengguna memasang widget “Reminders” (aplikasi pengingat bawaan Apple) di layar utama. Widgets tersebut akan menampilkan daftar pekerjaan yang harus dikerjakan pengguna.

Jika pekerjaan tersebut sudah selesai, pengguna dapat mencentang/menyelesaikan pekerjaan langsung di widgets, tanpa harus mengakses “Reminders” di aplikasi utama.

Aplikasi kesehatan baru

Beralih ke fitur lainnya, Apple menghadirkan aplikasi kesehatan yang memiliki tampilan lebih besar. Hal ini dilakukan agar memudahkan pengguna memantau data kesehatan dengan cara yang lebih komprehensif.

Mulai dari rincian aktivitas harian yang dilakukan, detak jantung selama 24 jam, jumlah langkah dalam satu hari, durasi tidur di  malam hari, tingkat volume di headphone, meditasi, durasi olahraga yang dilakukan, dan masih banyak lagi.

Seluruh data kesehatan nantinya bakal langsung terintegrasi dengan produk Apple lainnya, seperti iPhone dan Apple Watch.

Peningkatan Stage Manager

Apple juga meningkatkan kemampuan di fitur Stage Manager, seperti meningkatkan aksesibilitas, mengubah ukuran dan posisi jendela layar. iPad dapat membuka dua aplikasi berbeda dalam satu jendela atau layar yang sama (misal: Safari dan Notes).

Nantinya, porsi layar Notes bisa diperkecil sehingga layar lebih didominasi oleh tampilan Safari. Begitu pun sebaliknya. Pengguna dapat memperbesar ataupun memperkecil jendela layar dari aplikasi manapun sesuai keinginan.

Bagi yang belum familier, Stage Manager merupakan fitur yang memungkinkan pengguna membuka sejumlah aplikasi dalam satu jendela yang sama. Fungsinya untuk memudahkan pengguna melakukan multitasking.

Transkrip audio di iMessage

Fitur transkrip bertujuan memudahkan pengguna membaca pesan secara langsung, ketika tidak dapat mendengar pesan suara yang dikirim.

Selain itu, iMessage juga memungkinkan pengguna mengirim live sticker ketika berkirim pesan. Stiker yang dipakai juga dapat dibuat dari gambar yang sudah dipotret di kamera (Photos).

Buka PDF pakai Notes

iPadOS 17 juga melakukan peningkatan lain untuk aplikasi Notes. Notes akan memudahkan pengguna untuk membuka, mencoret, menandatangani file dengan format PDF, dan beberapa modifikasi lainnya.

Peningkatan fitur Notes juga memudahkan pengguna mengakses berbagai macam file PDF dan menulisnya memakai Apple Pencil.

Notes memungkinkan pengguna berkolaborasi dengan sesama pengguna iPad. Pengguna bisa mengerjakan lembar kerja yang sama di dua perangkat berbeda secara real-time.

Fitur lainnya

Peningkatan fitur lainnya adalah FaceTime di iPad menawarkan fitur reactions. Fitur ini serupa dengan fitur di Zoom ataupun Google Meet.

Pengguna yang melakukan panggilan video dengan reaksi yang lebih hidup. Sebab, iPadOS 17 kali ini menambahkan efek augmented reality 3D yang nyata. Efek reasi tersebut dapat berupa hati, konfeti, kembang api, dan masih banyak lagi.

Kebaruan lainnya juga dihadrikan seperti aplikasi Freeform, Keyboard, asisten virtual Siri, layanan berbagi konten AirPlay, Apple Maps, aplikasi reminder, hingga meningkatkan keamanan dan aksesibilitas pengguna iPad.

https://tekno.kompas.com/read/2023/09/19/14400077/ipados-17-sudah-bisa-di-download-bawa-fitur-custom-lockscreen-dari-iphone

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke