Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Hands-on Oppo A98 5G, HP Menengah Jagoan Oppo Saat Ini

KOMPAS.com - Oppo resmi meluncurkan Oppo A98 5G di Indonesia pada 14 September lalu. Smartphone ini menjadi suksesor dari Oppo A97 yang meluncur di China pada Juli 2022.

Sebagai suksesor, Oppo A98 5G membawa sejumlah peningkatan, termasuk pada aspek kamera. Resolusi kamera utama Oppo A98 5G yaitu 64 MP (f/1.7), lebih besar dibanding pendahulunya yang dibekali resolusi 48 MP.

Pada aspek desain, Oppo A98 5G juga mengusung desain yang berbeda dari pendahulunya. Perbedaannya terlihat di bagian depan perangkat maupun punggungnya. 

Oppo A97 memiliki poni layar, sedangkan Oppo A98 5G mengusung layar berlubang (punch hole). Modul kamera kedua perangkat juga berbeda, karena modul Oppo A97 lebih kecil dibanding Oppo A98 5G, meskipun sekilas desain modulnya agak mirip.

Di Indonesia, Oppo A98 5G menjadi ponsel terakhir yang diluncurkan perusahaan untuk kuartal III-2023.

Kendati begitu, perwakilan Oppo Indonesia menyebutkan bahwa pihaknya sudah menyiapkan Oppo A-series yang lain untuk rilis di kuartal IV-2023.

Tim KompasTekno berkesempatan menggenggam dan mencoba Oppo A98 5G warna hitam. Bagaimana pengalaman kami mencoba ponsel ini? Berikut ulasannya.

Unboxing Oppo A98 5G

Seperti A-series sebelumnya, Oppo A98 5G juga dibalut dalam kotak dengan kelir kombinasi abu terang dan abu gelap. Adapun penamaan mode ponsel "Oppo A98 5G" pada boks itu dibalut dalam warna hitam, sehingga tampak kontras dengan kelir utama kemasan ponsel.

Kemasan itu mewadahi sejumlah komponen, meliputi unit Oppo A98 5G, panduan singkat, kartu garansi, adapter atau kepala charger, kabel USB-C, SIM ejector serta softcase ponsel.

Kepala charger yang disertakan dalam kemasan Oppo A98 5G itu mampu menawarkan output daya 67 watt. Menurut Oppo, adapter tersebut bisa mengisi ulang daya ponsel hingga 100 persen hanya dalam waktu 44 menit pengisian ulang.

Sementara itu softcase ponsel bisa menjadi alternatif bagi pengguna yang ingin lebih melindungi perangkat dari risiko jatuh atau tergores.

Oppo A98 5G sebenarnya mendukung penggunaan colokan audio 3,5 mm. Namun dalam kotak penjualannya, tidak tersedia aksesori earphone.

Jadi, pengguna perlu melakukan pembelian terpisah atau memakai earphone yang sudah ada sebelumnya, bila ingin mendengarkan konten video atau musik tanpa speaker.

Hands-on Oppo A98 5G

Unit Oppo A98 5G yang kami jajal dibalut dalam warna Hitam Elegan. Meski demikian, penampangnya seolah berkelir hitam kebiruan, utamanya ketika casing-nya terpapar cahaya.

Penampangnya sendiri didesain dengan lapisan teknologi Oppo Glow Design. Seperti klaim perusahaan, lapisan tersebut membuat penampang Oppo A98 5G tidak mudah meninggalkan bekas sidik jari dan tidak mudah tergores.

Material yang dipakai pada penampang ponsel ini pun tidak begitu licin digenggam. Oppo juga menyertakan softcase bila pengguna ingin lebih aman dan nyaman ketika menggenggam perangkat.

Pada bagian punggungnya juga terdapat dua modul kamera berukuran cukup besar dan disusun secara vertikal. Modul pertama menampung kamera utama 64 MP, sedangkan modul kedua menampung dua kamera lainnya yaitu kamera mikroskop 2 MP dan sensor kedalaman 2 MP.

Fisik dari modul kamera Oppo A98 5G cukup menonjol, sehingga pengguna perlu berhati-hati ketika meletakkan ponsel di permukaan yang tidak begitu rata atau kasar. Pasalnya, modul kamera akan menjadi komponen yang lebih mudah tergores karena dimensinya yang menonjol tadi.

Beralih ke tampilan depan ponsel, Oppo A98 5G didesain dengan layar berlubang untuk menempatkan kamera depan. Kamera tersebut memiliki resolusi 32 MP.

Layarnya berukuran 6,72 inci dengan panel LCD LTPS, resolusi Full HD Plus (2.400 x 1.080 piksel) dan refresh rate 120 Hz.

Panel layarnya juga mendukung touch sampling rate 240 Hz, gamut warna 100 persen DCI-P3, kerapatan piksel 391 PPI, tingkat kecerahan (brightness) maksimum 550 nits, dan rasio layar ke bodi 91,4 persen.

Berkat sejumlah dukungan itu, layar Oppo A98 5G terasa nyaman dan lancar ketika dioperasikan. Begitu pula saat ponsel dioperasikan di bawah sinar matahari. Kontennya bisa ditampilkan dengan cukup jelas.

Apalagi bezel layar Oppo A98 5G juga cukup tipis, sehingga konten yang ditampilkan terlihat begitu jelas. Meski memiliki lubang kamera di tengah atas layar, komponen itu tidak begitu mengganggu tampilan aplikasi atau konten yang sedang diputar.

Beralih ke sisi kanan ponsel, terdapat tombol daya yang menyatu dengan sensor sidik jari. Jadi, pengguna bila pengguna sudah mengaktifkan fitur keamanan melalui sidik jari, pengguna bisa membuka kunci ponsel dengan menyentuh tombol tersebut.

Adapun tombol volume, diposisikan di sisi kiri ponsel, sejajar dengan slot kartu SIM. Pada slot tersebut, pengguna bisa memasang kartu SIM ganda atau satu kartu SIM dengan kartu microSD.

Ponsel ini juga dilengkapi dengan port USB-C, colokan audio 3,5 mm, mikrofon dan speaker. Keempat komponen ini diposisikan sejajar di bagian bawah ponsel.

Secara umum, Oppo A98 5G nyaman dioperasikan karena bobotnya yang tidak begitu berat. Dimensi dan ketebalan ponsel ini juga cukup ideal untuk digenggam atau dioperasikan dengan satu tangan.

Dimensi Oppo A98 5G adalah tinggi 165.6 x lebar 76.1 x ketebalan 8,20 mm. Adapun bobotnya adalah 192 gram. Foto Oppo A98 5G dari berbagai sisi bisa dilihat pada tautan ini.

Tim KompasTekno juga sempat menjajal kamera Oppo A98 5G dalam berbagai mode. Pengalaman kami memotret pakai Oppo A98 5G bisa dilihat pada artikel 5 Jam Memotret Keliling "Taman Mini" dengan Oppo A98 5G, Segini Sisa Baterainya

Bila Anda tertarik membeli Oppo A98 5G, ada baiknya Anda melihat spesifikasi dan harga lengkapnya di bawah ini.

Spesifikasi Oppo A98 5G

Oppo A98 5G tampil dengan layar LCD LTPS 6,72 inci, resolusi Full HD Plus (2.400 x 1.080 piksel) dan refresh rate 120 Hz.

Layar ini mendukung touch sampling rate 240 Hz, gamut warna 100 persen DCI-P3, kerapatan piksel 391 PPI, tingkat kecerahan (brightness) maksimum 550 nits, dan rasio layar ke bodi 91,4 persen.

Smartphone ini menggunakan lapisan teknologi Oppo Glow Design, yang diklaim bakal bebas dari noda sidik jari dan tidak mudah tergores. Bobot Oppo A98 5G adalah 192 gram.

Di sektor fotografi, Oppo A98 5G dilengkapi kamera belakang 64 MP (f/1.7) berteknologi kecerdasan buatan (AI), yang ditemani oleh sensor depth 2 MP (f/2.4), dan lensa mikro 2 MP (f/3.3). Kamera disusun secara vertikal dalam modul yang berbentuk pil.

Beralih ke depan perangkat, gawai memiliki poni punch hole yang memuat kamera depan (selfie) beresolusi 32 MP (f/2.4). Desain ini berbeda dengan pendahulunya, Oppo A97 yang mengadopsi modul tetesan air (waterdrop).

Terdapat juga fitur "mikroskop" yang memungkinkan lensa mikro melakukan pembesaran gambar hingga 40 kali, sehingga menghasilkan foto yang lebih mendetail.

Kamera depan dan kamera belakang Oppo A98 5G sama-sama mendukung perekaman video 1080p pada 30 FPS.

Di sektor hardware, smartphone ini ditenagai System-on-Chip (SoC) Qualcomm Snapdragon 695 5G. Chipset delapan inti (octa-core) ini mempunyai kecepatan hingga 2,2 GHz. Lalu, unit pengolah grafis (GPU) yang digunakan adalah Adreno 619, dengan clockspeed 840 MHz.

SoC ini dipadankan dengan RAM LPDDR4X 8 GB dan media penyimpanan (storage) UFS 2.2 seluas 256 GB. Pengguna dapat memanfaatkan teknologi RAM Expansion untuk memperluas RAM hingga 8 GB, sehingga total RAM menjadi 16 GB.

Storage pun juga bisa diperluas hingga 1 TB dengan menggunakan kartu microSD.

Oppo A98 dibekali baterai berkapasitas 5.000 mAh. Selain kapasitasnya yang besar, smartphone ini juga didukung pengisian ulang daya cepat (fast charging) 67 watt.

Oppo mengeklaim dukungan itu bisa mengisi daya ponsel sampai 100 persen hanya dengan durasi pengisian ulang 44 menit.

Untuk penggunannya, ketika daya terisi selama lima menit saja, ponsel sudah bisa digunakan untuk enam jam panggilan telepon atau 2,5 jam menonton YouTube.

Saat daya terisi penuh, baterainya diklaim bisa digunakan untuk panggilan telepon selama 39 jam, menonton YouTube selama 16 jam, dan bermain game selama 8,4 jam.

Oppo A98 juga dilengkapi Battery Health Engine yang memungkinkan baterai mempertahankan 80 persen dari kapasitasnya, setelah 1.600 siklus pengisian dan pengosongan. Dengan begitu, performa baterai tetap terjaga hingga empat tahun pemakaian.

Sistem operasi (OS) yang digunakan adalah Android 13, yang dipoles dengan tampilan antarmuka (UI) ColorOS 13.1.

Fitur pendukung lainnya mencakup pemindai sidik jari dan wajah, Wi-Fi 5 (802.11ac), konektivitas 5G, Bluetooth 5.1, USB Type-C, NFC, GPS, dual stereo speakers, mode Ultra Volume 2.0, sertifikasi IP54, dan masih banyak lagi.

Harga Oppo A98 5G di Indonesia

Harga Oppo A98 5G di Indonesia dibanderol Rp 4.899.000 untuk satu-satunya varian memori, yakni 8 GB/256 GB. Oppo A98 5G tersedia dalam varian warna Biru Fantasi dan Hitam Elegan.

Smartphone ini bisa dipesan secara daring di Oppo Online Store dan marketplace rekanan Oppo. Sementara itu, pemesanan secara luring dilakukan lewat toko Oppo Store, Oppo Gallery, dan toko rekanan resmi Oppo.

https://tekno.kompas.com/read/2023/09/25/14210017/hands-on-oppo-a98-5g-hp-menengah-jagoan-oppo-saat-ini

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke